logo icon jasa poles marmer marmerpro
Apa Itu Plint Lantai? Dan Kegunaannya Untuk Tampilan Rumah

Apa Itu Plint Lantai? Dan Kegunaannya Untuk Tampilan Rumah

Untuk menadapatkan hasil yang memuaskan pada interior rumah tentunya banyak hal yang harus dilakukan. Lantai menjadi salah satu elemen yang bukan hanya digunakan sebagai pelapis permukaan. Bisa juga dijadikan untuk mendekorasi rumah dengan menfaatkan tampilannya. Apakah Anda tahu apa itu plint lantai? Pastinya elemen atau produk ini belum terlalau familiar bila didengar.

Jika ingin adanya perlindungan terhadap batas antara lantai dan dinding. Biasanya elemen tambahan yang digunakan adalah plint. Salah satu contohnya jika Anda menggunakan jenis lantai marmer, granit, dan yang sejenisnya.

Tentu akan sangat menjaga dan merawatnya sehingga akan melakukan berbagai cara untuk tetap menjaga kualitasnya selalu dalam kondisi baik. Selain digunakan sebagai pelindung atau skat antara lantai dan dinding. Masih banyak kegunaan lainnya dari plint yang dapat Anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Dengan satu jenis produk seperti plint lantai rumah, bisa mendapatkan berbgai kemanfaatan dan kegunaannya. Telah banyak pemilik rumah yang menggunakan plint lantai mulai dari tampilan yang sederhana hingga mewah. Semua ini kembali lagi dengan kebutuhan dan jenis konsep interior yang digunakakn pada rumah Anda.

Apa Itu Plint Lantai?

Plint lantai atau biasa disebut juga dengan skirting adalah bagian interior rumah yang digunakan sebagai pelapis dari permukaan dinding. Pada umumnya dipasang untuk menghindari gesekan antara lantai dan dinding bagian bawah. Plint sangat cocok bila digunakan bagi Anda yang menggunakan jenis lantai mewah seperti marmer dan granit.

Banyak fungsi lainnya yang bisa dimanfaatkan jika menggunakan plint. Ukurannya yang tidak terlalu besar terkadang memiliki kesan tak penting untuk menggunakannya. Padahal ada berbagai kemudahan yang akan Anda rasakan jika menggunakan plint sebagai skat antara lantai dan diinding rumah. Selain untuk mencegah gesekan, bisa juga mencegah dari kumpulan debu pada sudut lantai rumah sehingga, mudah untuk dibersihkan.

Plint lantai kini memiliki beragam tampilan dan motif yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dekorasi interior rumah. Hal ini sejalan dengan mulai banyaknya pengguna plint yang tidak lagi terbatas pada bentuk umumnya yaitu, persegi panjang dan berwarna putih.

Dengan banyaknya pilihan plint lantai rumah akan membantu Anda dalam menciptakan tampilan interior rumah yang menarik dan indah. Walaupun bentuknya yang minimalis dan terletak pada bagian bawah antara dinding dan lantai. Akan meberikan sebuah tampilan berbeda sekaligus bermanfaat untuk element pemanis tambahan pada ruangan rumah.

Material Plint Lantai

Sama dengan jenis lantai lainnya yang memiliki material penyusun yang berbeda-beda. Plint lantai juga memiliki beberapa jenis material mulai dari bahan alami hingga buatan. Tentunya dengan daya tahan yang baik dan tampilan yang cantik. Sehingga Anda sebagai pengguna plint lantai dapat menyesuaikannya dengan berbagai kebutuhan dalam penggunaannya.

Lalu apa itu plint lantai dan materialnya? berikut ini bisa disimak penjelasannya diantaranya:

1. Plint Lantai Kayu Solid

Plint lantai kayu, sumber courtina.id
Plint lantai kayu, sumber: courtina.id

Terbuat dari material kayu asli cocok bagi Anda yang ingin memberikan sentuhan atau memaksimalkan tampilan klasik dan tradisional. Selain itu, dengan tampilan motifnya yang alami aka meberikan kesan elegan dan unik pada area bagian ruangan rumah yang menggunakan jenis plint ini.

Jenis kayu yang digunakan pun biasanya terbuat dari kayu yang memiliki kualitas baik seperti jati, mahoni, nyatoh, dan lainnya. Jangan lupa untuk disesuaikan juga dengan jenis lantai rumah yang Anda gunakan. Agar mendapatkan tampilan yang serasi dan memperindah tampilan rumah.

2. Plint Lantai PVC

Material berbahan Polyvinyl Chloride (PVC) terbuat dari vinyl dan terkenal memiliki kualitas yang bagus dan juga ringan. Plint lantai rumah dengan berbahan vinyl juga banyak diminati dan digunakan. Karena memiliki kelebihan tahan terhadap air dan cocok bila digunakan pada dinding yang memiliki tingkat kelembaman yang tinggi.

Untuk ukuran dan warnanya pun bervariasi yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan tampilan interior rumah yang digunakan. Sehingga mudah untuk menyatukannya dengan beragam jenis lantai rumah. Dengan menggunakan plint lantai rumah berbahan PVC akan memberikan tampilan yang menarik.

3. Plint Lantai Alumunium

Alumunium merupakan jenis material yang banyak digunakan baik sebagai bahan bagunan, peralatan dapur, dan lain-lain. Namun, kini plint lantai rumah ada yang menggunakan material aluminum. Jenis material ini tentu sangat terkenal akan ketahanannya dari korosi dan memiliki bobot yang ringan.

Jika Anda ingin memiliki tampilan interior rumah yang berbeda pada umumnya. Bisa menggunakan plint berbahan alumunium sebagai skat pembatas anatara lantai dan diniding ruangan. Ada beragam jenis bentuk yang tersedia dan bisa disesuaikan dengan jenis lantai yang digunakan untuk mendapatkan tampilan yang memukau.

4. Plint Lantai Plastik

Terkenal dengan harganya yang cukup terjangkau bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda dengan budget pas-pasan dan ingin menggunakan plint lantai. Walaupun memiliki harga yang terjangkau, tetap memiliki kualitas yang baik. Tampilannya pun terlihat unik dan ada sentuhan moitif sederhana sehingga membuat kesanya semakin cantik.

Dalam melindungi sudut dindig bagian bawah dengan lantai dan berbagai faktor lainnya. Dinilai sangat baik sehingga, banyak juga yang menggunakan plint lantai rumah berbahan plastik. Memiliki berbagai pilihan mulai dari warna dan model untuk mendukung tampilan interior rumah.

5. Plint Lantai MDF

Plint lantai mdf, sumber courtina.id
Plint lantai mdf, sumber: courtina.id

Medium Density Fiber (MDF) merupakan jenis material yang terbuat dari olahan kayu. Memiliki kualitas hampir sama dengan kayu asli namun, kekuatan atau daya tahannya tidak sebaik kayu asli. Tak perlu khwatir akan hal tersebut, karena plint lantai MDF juga sangat baik untuk dijadikan skat pembatas antara dinding dan lantai.

Ukuran dan motifnya pun dapat mendukung tampilan desain interior rumah menjadi lebih elegan dan cantik. Tinggal disesuaikan saja dengan jenis lantai yang digunakan untuk medapatkan tampilan yang maksimal. Memiliki permukaan yang halus membuat tingkat keamanan yang lebih baik bila terjadi sebuah gesekan.

Kegunaan Plint Lantai

Setiap benda atau produk pasti memiliki fungsi dan kegunaan yang selau disesuaikan dengan berbagai kebutuhan. Untuk plint lantai bisa Anda lihat berikut ini kegunaannya diantaranya:

1. Mencegah Kerusakan Lantai

Jika Anda yang menggunakan jenis lantai mahal seperti marmer dan granit pastinya perlu menggunakan plint. Dengan menggunakan plint lantai rumah Anda akan terjaga dari berbagai gesekan yang biasanya terjadi. Sehingga tampilan lantai akan terjaga dari gesakan dan kerusakan pada permukannya.

2. Mencegah Kerusakan Dinding

Kerusakan pada dinding bagian bawah, sumber emporioarchitect.com
Kerusakan pada dinding bagian bawah, sumber: emporioarchitect.com

Bagian bawah dinding paling rentan terkena gesekan atau sentuhan lainnya yang dapat merusak permukaannya. Salah satu contonhnya penggunaan sofa atau kursi yang biasanya disentuhkan langsung pada dinding. Sehingga perlu bagi Anda untuk menggunakan plint lantai sebagai antisipasi terjadinya kerusakan pada permukaan dinding.

3. Menjadi Pembatas antara Lantai dan Dinding

Dengan adanya pembatas antara lantai dan dinding dapat membantu dalam memberikan tampilan yang indah. Karena akan terasa kurang jika melihat skat antara lantai dan dinding langsung bersentuhan. Sehingga perlu adanya penggunaan plint agar tampilan ruangan rumah terlihat lebih rapih.

4. Memberikan Tampilan yang Simetris

Tampilan asimetris ruangan dengan plint lantai, sumber: pinhome.id
Tampilan asimetris ruangan dengan plint lantai, sumber: pinhome.id

Penggunaan plint juga bukan hanya sebatas untuk mencegah dari berbagai faktor kerusakan. Kegunaan plint juga akan memberikan tampilan yang simetris pada lantai dan dinding rumah. Jika Anda yang sangat suka dengan kesan yang rapih dan teratur. Penggunaan lint bisa menjadi pilihan yang tepat untuk diplikasikan pada interior rumah.

Itulah beberapa informasi mengenai apa itu plint lantai? yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan berguna. Jika Anda menggunakan jenis lantai marmer dan memerlukan perawatan. Bisa lagsung hubungi Marmer Pro Jasa poles marmer yang sudah ahli dalam melakukan perawatan dan juga pemasangan.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan Kolom ini wajib diisi