Cara Memasang Marmer Dengan Teknik Yang Benar

Cara Memasang Marmer Dengan Teknik Yang Benar

Jika berbicara tentang marmer tentunya sebagian besar dari Anda pasti sudah mengetahuinya. Banyak digunakan sebagai element pelengkap keindahan interior maupun ekterior rumah. Apakah Anda mengetahui cara memasang marmer yang baik dan benar?

Perlu untuk Anda ketahui bahwa teknik pemasangan lantai marmer tidak seperti pemasangan lantai pada umumnya. Dimana ada teknik khusus yang digunakan agar pemasangan marmer kuat dan terlihat rapi. Apalagi motif dan tampilan dari marmer tentunya memiliki keindahan dan unsur estetika. Sehingga dalam pengaplikasian atau pemasangannya pun harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

Kini telah banyak penyedia jasa marmer yang sudah ahli dan tahu cara memasang marmer dengan teknik yang benar. Salah satunya adalah Jasa poles marmer, bukan hanya ahli dalam pemolesan tapi, ahli juga dalam pemasangan. Sehingga Anda sebagai pemilik rumah tak perlu repot dan khawatir jika ingin menggunakan marmer.

Mungkin Anda yang penasaran bagaimana cara pemasangan marmer dengan teknik yang benar. Berikut ini bisa disimak penjelasan lengkapnya

Memilih Marmer yang Akan Digunakan

jenis marmer
Jenis marmer, sumber: hargabaranginterior.com

Sebelum masuk kedalam pembahasan mengenai cara pemasangan marmer. Hal awal yang wajib untuk Anda persiapkan jika ingin menggunakan marmer sebagai element interior rumah. Pastinya Anda mempunyai jenis marmer yang disukai dan merasa cocok jika digunakan. Sehingga perlu untuk memilih jenis marmer yang akan digunakan agar mudah dalam melakukan pemasangan.

Jika dikelompokan marmer tergolong dalam dua jenis yaitu, marmer lokal dan import. Perbedaan yang akan terlihat adalah guratan motif pada permukaan marmer. Tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tinggal Anda sesuaikan kembali dengan kebutuhan dan keinginan jenis marmer apa yang akan digunakan.

Menggunakan Jasa Pemasangan Marmer

pemasangan marmer
Pemasangan marmer, sumber: freepik.com

Bisa dikatakan menggunakan jasa pemasangan marmer pasti dilakukan oleh para pemilik rumah. Jarang pemasangan marmer dilakukan secara sendiri oleh pemilik rumah. Hal ini tentu saja bisa dilakukan bila memiliki keahlian dalam pemasangan marmer.

Pemasangan marmer untuk area yang luas dan pada permukaan khusus seperti pada pilar dan dinding rumah. Sehingga membutuhkan tenaga ahli yang profesional dalam bidang pemasangan marmer. Dengan menggunakan bantuan jasa profesional tentu, pemasangan marmer akan terlihat lebih rapih dan selesai tepat waktu.

Jadi, setelah Anda memilih type atau jenis marmer yang akan digunakan. Hal selanjutnya yang perlu untuk dipersiapkan adalah jasa pemasangan marmer. Pilihlah yang memiliki profil dan ulusan yang baik dari para konsumennya yang telah menggunakan jasa mereka terlebih dahulu.

Cara Pemasangan Marmer

teknik memasang marmer
Teknik memasang marmer, sumber: jogjamarmergranit.com

Dalam pemasangan marmer ada beberapa teknik yang harus dikuasi agar pada saat proses pemasangan bisa berjalan dengan baik. Teknik pemasangan tentu akan mempengaruhi kerapihaan dan kekuatan marmer melekat pada lantai atau dinding sebagai media aplikasinya.

Untuk mengetahui bagaimana cara pemasangan marmer bisa dilihat beberapa langkahnya berikut ini:

1. Mempersiapkan Media Marmer

Media marmer maksudnya adalah permukaan seperti apa yang akan digunakan untuk mengaplikasikan marmer. Media yang umumnya digunakan seperti lantai dan dinding. Namun seiring dengan perkembangan zaman marmer juga sudah banyak digunakan pada top meja. Usahakan media pemasangan marmer dalam kondisi kering dan tidak lembab. Hal ini dikarenakan karakteristik marmer memiliki daya serap kelembaban yang cukup tinggi.

2. Metode Pemasangan

Setelah media pemasangan sudah ditentukan maka, tahap selanjutnya menentukan metode pemasangan yang akan digunakan. Ada dua metode yang pada umumnya digunakan dalam pemasangan marmer yaitu, basah dan kering. Metode pertama system kering yang digunakan jika pemasangan pada area dinding dan sejenisnya. Metode kedua system basah yang digunakan jika pemasangan dilakukan pada area lantai.

Penggunaan kedua metode ini bertujuan agar marmer yang dipasang kuat dan tidak mudah terlepas. Penggunaan campuran material perekat yang biasanya terdiri dari pasir dan semen. Penting untuk memperhatikan komposisi yang pas. Namun kini telah banyak jenis material perakat marmer yang sudah berkembang. Jadi, tinggal disesuaikan dengan media marmer yang digunakan.

3. Mengatur Nat Marmer

Nat marmer adalah jarak atau gap antara bilah marmer yang satu dengan lainnya. Perlu untuk diketahui bahwa nat lantai dan dinding memiliki jarak yang berbeda. Untuk nat lantai jarak yang biasanya digunakan adalah 0,25 mm. sedangkan untuk nat pada dinding jaraknya adalah 0,1 mm.

Jarak nat ini tentunya memiliki alasan mengapa memakai ukuran tersebut. Alasannya agar marmer pada saat sudah terpasang terlihat lebih rapih dan memiliki daya lekat yang kuat. Penting untuk diperhatikan agar marmer dapat terpasang dengan baik dan benar.

4. Menggunakan Waterpass dan Martil Karet

Waterpass dan martil karet mejadi peralatan yang wajib untuk digunakan pada saat pemasangan marmer. Fungsi dari waterpass digunakan untuk menentukan posisi rata, sehingga seimbang antara marmer satu dan lainnya. Sedangkan penggunaan martil karet adalah untuk lebih merekatkan marmer dengan media pengaplikasiannya. Masih banyak lagi peralatan penunjang lainnya yang digunakan dalam pemasangan marmer. Namun dua alat ini menjadi alat utama yang sering digunakan.

5. Proses Finishing

Setelah pemasangan marmer telah selesai dilakukan tahap terakhir adalah finishing. Dimana dalam tahap finishing marmer terdiri dari beberapa tahap yang akan dilakukan. Dianataranya ada calibrating atau pemolesan, polishing, coating, dan epoxy. Tahapan ini memiliki tujuan untuk memberikan tampilan marmer yang lebih maksimal.

Semua tahapan tersebut bisa didapatkan ketika Anda menggunakan jasa pemasangan marmer. Inilah keuntungan yang didapatkan sehingga, dalam pemasangan marmer bisa lebih efisien dengan hasil yang memuaskan. Sebelum melakukan proses finishing pastikan perakat marmer sudah benar-benar kering minimal 24 jam setalah pemasangan.

Jika dilihat ternyata teknik pemasangan marmer tidaklah serumit seperti apa yang dibayangkan. Walaupun seperti itu, pemasangan marmer harus tetap dialakukan oleh orang yang profesional dibidangnya. Semoga dengan informasi singkat ini dapat memberikan manfaat dan pengetahuan tambahan bagi Anda yang telah membacanya.

 

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan Kolom ini wajib diisi