Cara Membedakan Kualitas Granit: Penting Untuk Diketahui

Cara Membedakan Kualitas Granit: Penting Untuk Diketahui

Pastinya sudah tidak asing lagi dengan batuan alam yang sudah sangat terkenal yaitu, granit. Jenis batuan alam yang banyak digunakan sebagai dekorasi rumah setelah marmer. Pengaplikasian granit banyak digunakan sebagai lantai rumah dan bisa juga digunakan pada dinding dan meja dapur. Tapi, tahukah Anda bagaimana cara membedakan kualitas granit yang baik?

Menjadi penting bagi Anda para pengguna granit untuk mengetahui cara membedakan kualitas granit. Karena jenis lantai satu ini tentu memiliki harga yang lumayan tinggi. Melihat proses pembentukannya terjadi secara alami di alam, sehingga diperlukan pengetahuan khusus. Hal ini bertujuan agar Anda yang khendak menggunakan granit sebagai dokarasi tidak merasa dibohongi.

Dengan seiring meningkatnya kebutuhan akan granit, kini batuan alam ini dapat dibuat secara langsung. Maksudnya adalah tak perlu menunggu waktu yang lama untuk mendapatkan granit. Karena kini sudah ada jenis granit buatan dan harganya lebih terjangkau. Sehingga menjadi sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara membedakan kualitas granit.

Untuk itu di artikel ini kita akan membahas cara membedakan kualitas granit. Sehingga bagi Anda para pengguna atau yang ingin menggunakan granit dapat mengetahui cara membedakannya. Berikut ini cara membedakan kualitas granit yang bisa Anda simak penjelasannya diantaranya:

1. Mengetahui Tingkatan Kualitas Granit

kualitas granit
Granit dengan kualitas baik, sumber: merkbagus.id

Berbicara tentang kualitas ternyata granit memiliki tingkat yang menentukan seberapa bagusnya batuan alam ini. Granit memiliki 4 tingkatan kualitas yaitu, KW 1, KW 2, KW 3, dan KW 4. Jangan salah KW disini bukanlah palsu melainkan, sebutan untuk singkatan kualitas pada granit. Untuk menentukan kualitas granit berdasarkan tingkatannya tidaklah sulit.

Pembacaan tingkatan kualitas granit yang paling baik dimulai dari KW 1. Jadi, semakin tinggi tingkatan KW memberikan gambaran bahwa kualitas dari granit semakin rendah. Untuk menentukan kualitas semuanya tergantung dari motif, corak, dan warna. Dimana setiap tingkatan kualitas granit ada yang memiliki kesamaan dan ada yang berbeda. Sehingga tergantung dari konsep dokarasi yang ingin Anda gunakan dan tampilkan.

2. Membedakan Ukuran Granit

Kaitan kualitas dengan ukuran granit adalah sesuai dengan kebutuhan dan konsep dekorasi yang ingin ditampilkan. Ada beberapa ukuran yang tersedia diantaranya 15×60, 20×20 cm, 30×30 cm, 80×80 cm, dan ukuran lainnya. Ada ukuran yang paling banyak digunakan dan memiliki kualitas yang lebih baik dari ukuran lainnya. Ukuran tersebut adalah 40×40 cm dan 60×60 cm sekaligus menjadi ukuran granit yang paling diminati.

Semua ukuran granit memiliki tingkatan kualitas masing-masing. Tinggal disesuaikan kembali dengan kebutuhan agar mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan. Menggunakan ukuran dengan panjang dan lebar yang sama banyak diminati karena, mudah dalam pemasangannya. Sehingga penggunaan jumlah granit dapat lebih efisien karena mudah dalam menentukan jumlah granit yang harus digunakan.

3. Mengetahui Warna Granit

warna dan motif granit
Warna dan motif granit, sumber: vertihome.id

Dalam membedakan kualitas granit yang baik ternyata bisa juga dilakukan dengan membedakan warnanya. Dimana tingkatan kualitas granit memiliki tampilan kecerahan warna yang berbeda-beda. Semakin cerah dan tajam warna dari granit tidak dapat menjamin kualitas dari granit. Mudahnya adalah dapat dilihat dari tingkatan kualitas granit yaitu KW 1, KW 2, KW 3, dan KW 4.

Kualitas tingkatan granit yang rendah memiliki kecerahan dan ketajaman warna lebih baik. Berbeda dengan kualitas granit yang memiliki kualitas yang lebih baik ternyata memiliki warna yang kurang tajam. Bila Anda menginginkan tampilan dekorasi interior yang lebih cerah tidak ada salahnya menggunakan granit yang memiliki kualitas rendah. Tinggal disesuaikan kembali dengan perawatan dan penggunannya.

4. Membedakan Motif Granit

Mungkin tak akan sulit bagi Anda dalam membedakan kualitas granit dari motifnya. Perbedaannya akan sangat terlihat dimana, granit yang memiliki kualitas yang baik memiliki tekstur sempurna. Berbeda dengan granit yang memiliki kualitas rendah ada beberapa kekurangan seperti berbintik dan memiliki pori-pori. Membedakan kualitas granit dari motif dapat dilakukan jika Anda memfokuskan pemilihan granit melalui tampilan motifnya.

Mudah untuk dilakukan karena motif granit cenderung memiliki tampilan bintik-bintik pada semua permukannya. Berbeda dengan marmer yang memiliki beragam jenis motif guratan. Warna alami yang beragam pada granit yang membuat tampilannya semakin menawan meskipun, hanya memiliki satu motif pada permukaannya.

5. Mengetahui Tingkat Ketahanan Granit

Sudah menjadi penilaian utama bahwa granit dengan kualitas yang baik pasti memiliki ketahanan yang baik pula. Hal ini bisa dengan mudah Anda lakukan dengan melihat tekstur granit tidak berpori dan tidak mudah tergores. Ditambah dengan tampilan motifnya yang lebih menonjol dan mengkilap menunjukan bahwa granit tersebut memiliki kualitas yang baik.

Jika dibandingkan dengan tingkatan kualitas granit, dimana setiap tingkatan memiliki kualitas ketahanan yang berbeda-beda. Semakin rendah tingkatan kualitas dari granit. Jadi, Anda tidak bisa mengklaim bahwa semakin rendahnya kualitas granit memiliki ketahanan yang kurang baik. Dimana granit KW 3 dan KW 4 ternyata memiliki ketahanan yang cukup baik. Bahkan granit KW 3 memiliki ketahanan yang lebih kuat dan juga awet.

6. Dapat Menentukan Perbandingan Harga Granit

perbandingan harga granit
Ragam jenis granit, sumber: cutlerpr.co

Ada harga ada kualitas tentu sebutan seperti ini sudah tidak asing lagi ketika membandingkan kualitas dari sebuah barang. Begitupun dengan granit semakin tinggi harganya menunjukan kualitas dari granit tersebut sangatlah baik. Tentu dengan memilih granit dengan kualitas yang baik akan sesuai dengan harganya. Dimana Anda akan mendapatkan tampilan dekorasi interior yang jauh lebih indah, mewah, dan juga keren.

Tak perlu khwatir tidak dapat menggunakan granit dengan kualitas baik dikarenakan harganya yang lumayan tinggi. Anda masih menggunakan granit dengan tingkatan kualitas granit yang rendah. Dimana harganya lebih terjangkau, meskipun begitu Anda masih tetap bisa mendapatkan motif granit yang baik. Jadi, tak perlu memaksakan untuk mendapatkan kualitas granit yang baik jika budget yang dimiliki terbatas.

Ditambah dengan adanya pemasaran secara langsung atau biasa disebut dengan direct marketing. Membuat para pengguna granit akan lebih teredukasi mengenai berbgai hal tentang granit dengan mudah. Terutama dalam membedakan kualitas granit yang baik. Dimana para penyedia granit akan berinteraksi secara langsung baik melalui online atau offline.

Itulah cara membedakan kualitas granit yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini. Kini Anda tak perlu repot dalam mengaplikasikan granit untuk dekorasi interior cukup menggunakan Jasa poles marmer semua jenis pekerjaan dapat dilakukan. Bukan hanya marmer melainkan granit juga dapat dikerjakan muai dari pemasangan hinga perawatan. Semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi Anda baik pengguna dan yang ingin menggunakan granit.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan Kolom ini wajib diisi