Mewah, Elegan: Inilah Jenis Marmer Yang Banyak Diminati

Mewah, Elegan: Inilah Jenis Marmer Yang Banyak Diminati

Keindahan dari batuan alam tentu tak perlu diragukan lagi akan keksotisan yang ditampilkan. Memiliki tampilan yang berbeda dengan jenis batuan lainnya yang digunakan untuk memperindah interior dan eksterior rumah. Membuat batuan alam banyak digunakan dan diminati untuk memperindah tampilan rumah. Jenis marmer adalah salah satu batuan alam yang paling diminati dan populer untuk dekorasi interior dan ekaterior rumah.

Marmer menjadi jenis batuan alam yang banyak digunakan untuk hunian atau rumah dengan konsep modern. Tentu hal ini tidak jauh dengan tampilan mewah dan elegan dari marmer, sehingga cocok digunakan untuk dekorasi. Ditambah dengan struktur marmer yang terbentuk dari proses metamorfosa kapur, membuat corak atau pola dan warnanya beragam.

Berbagai jenis marmer tentu memiliki perlakuan khusus, sehingga dalam memasang dan merawatnya tidaklah  dilakukan secara sembarangan. Menggunakan Jasa poles marmer bisa menjadi solusinya agar tampilan dan dekorasi yang diinginkan sesuai dengan keinginan.

Mungkin tak perlu berlama-lama lagi agar Anda tidak semakin penasaran dengan jenis marmer yang banyak diminati. Langsung bisa disimak ulasan sekaligus penjelasannya berikut ini.

1. Marmer Ornamental

marmer ornamental
Marmer ornamental, sumber: 123rf.com

Memiliki tekstur yang agak kasar, membuat marmer ornamental sedikit berbeda dengan jenis marmer pada umumnya. Namun memiliki salah satu kelebihan yaitu, strukturnya yang mudah untuk dipahat dan dibentuk sesuai dengan keinginan.

Membuat marmer ornamental banyak digunakan untuk memperindah dekorasi rumah. Bagian dari stuktur rumah yang banyak menggunakan marmer ini adalah pilar yang memiliki fungsi untuk menahan dari kontruksi rumah atau sebuah bangunan.

2. Marmer Architectural

marmer architectular
Marmer architectular, sumber: pixelldesign.com

Seperti namanya marmer architectural banyak digunakan sebagai dekorasi interior atau exterior dari sebuah bangunan. Terutama bangunan yang memerlukan sebuah dekorasi untuk membuat tampilan lebih memukau. Sifatnya yang kokoh dan juga tahan lama membuat jenis marmer ini banyak digunakan dalam arsitektur bangunan.

Dengan beragam pola dan warna yang bervariasi, akan memudahkan menyesuaikan marmer dengan berbagai konsep yang digunakan. Dari konsep dengan tema modern hingga klasik tetap bisa menggunakan marmer ini untuk memperindah tampilan bangunan seperti rumah.

3. Marmer Cipolin

marmer cipolin
Marmer cipolin, sumber: asrimarmer.wordpress.com

Dengan warnanya yang gelap serta memiliki pola yang abstrak menjadikan marmer cipolin banyak digunakan bukan untuk lantai. Penggunaannya sendiri biasa digunakan untuk alas dari meja dan countertop dapur.

Pola dari marmer cipolin terlihat seperti sapuan ulir dengan bentuk pola yang abstrak. Sehingga membuat tampilan dari mermer ini memiliki kesan yang unik tapi, tetap elegan. Cocok bila digunakan pada konsep rumah dengan desain klasik dan ingin menampilkan kesan elegan serta mewah.

4. Marmer Onyx

marmer onyx
Marmer onyx, sumber: olx.co.id

Berbeda dengan marmer pada umumnya yang terbentuk dari batuan kapur. Marmer onyx terbentuk dari campuran zat-zat organik dan kalsit, sehingga membuat tampilannya transparan dengan permukaan yang mulus.

Memiliki pola marmer yang tampak seperti ukiran kayu menambah kesan indah pada marmer ini. Tidak heran bila banyak digunakan pada bangunan dengan tampilan yang mewah salah satunya seperti hotel bintang lima.

5. Marmer Statuary

marmer statuary
Marmer statuary, sumber: docplayer.info

Jenis marmer yang banyak disukai oleh para desainer interior dan digunakan sebagai lantai dari sebuah bagunan. Memiliki warna putih bersih dengan tekstur permukaan yang halus plus mengkilap tentu membuat siapa saja yang melihatnya akan tertarik.

Banyak dari hunian minimalis dan sederhana yang ingin tampil lebih mewah dan elegan menggunakan marmer statuary. Pola urat pada permukaannya tidaklah terlalu banyak dengan ukuran yang sedang. Membuat marmer ini tampak lebih simple tapi, tetap dapat memberikan kesan mewah.

6.  Marmer Breccia

marmer breccia
Marmer breccia, sumber: aofeistonegallery.com

Menjadi marmer yang memiliki tampilan yang sangat cantik tak heran, bila banyak yang menyukainya. Digunakan untuk memperindah tampilan dari rumah, hotel, dan bangunan lainnya agar terlihat mewah dan menarik. Memiliki pola corak yang saling menyatu dengan perpaduan warna alami yang serasi, menjadikan marmer breccia semakin diminati.

Walaupun memimiliki permukaan yang agak sedikit kasar tidak mengurangi kualitas penampilanya. Pantulan cahaya yang akan memantul bila menyentuh permukaan marmer, hal ini disebabkan dari tingkat mengkilapnya yang sangat baik.

7. Marmer Limestone

marmer limestone
Marmer limestone, sumber: newyorkstone.com

Memiliki karakteristik yang unggul dari beberapa jenis marmer sebelumnya. Menjadikan marmer limestone juga banyak diminati untuk digunakan sebagai elemen dekorasi dari sebuah bangunan. Pola corak dan warnaya yang indah tentu akan membuat ketertarikan untuk memilikinya.

Sifatnya yang mudah untuk dibersihkan tentu akan sangat membantu dalam melakukan perawatan marmer limestone. Bukan hanya itu marmer ini juga memiliki ketahan yang baik terhadap lumut dan tidal licin bila terkena air. Sehingga banyak digunakan sebagai lantai atau dinding dari kamar mandi dan pinggiran dari kolam renang.

8. Marmer Shell

marmer shell
Marmer shell, sumber: alliedstoneinc.com

Tampilan dari marmer shell yang tampak seperti lukisan abstrak disebabkan oleh proses pembentukannya. Dimana marmer jenis ini berasal fosil yang akan membentuk batuan alam dan juga mineral. Sehingga tampilan abstrak dari marmer shell tergantung dari fosil dan proses pembentukannya.

Dalam melakukan dekorasi sebuah bangunan dan menggunakan marmer shell akan ditempatkan pada titik utama pada ruangan. Karena fungsi utama dari marmer ini adalah dijadikan sebagai hiasan untuk memperindah tampilan rumah dan jenis bangunan lainnya.

9. Marmer Budidaya

Marmer bididaya
Marmer budidaya, sumber; amazon.com

Jenis marmer yang sangat mudah untuk diketahui, karena memiliki karakteristik tampilan polos dengan corak pola yang tidak banyak. Berbeda dengan marmer pada umumnya yang memiliki corak pola yang memyelimuti seluruh permukaannya.

Seperti namanya marmer budiya terbuat bukan dari proses alami atau terbentuk secara alami. Melainkan ada bantuan manusia untuk membentuknya menjadi marmer dengan kualitas yang sama. Terbuat dari campuran semen, sehingga sangat cock jika digunakan di perkarangan rumah.

10. Marmer Ruin

marmer ruin
Marmer ruin, sumber: dekoruma.com

Dengan memiliki kandungan kristal yang terbentuk dari proses pengendapan bersama mineral lainnya. Menjadi ciri khas dari marmer ruin, sehingga banyak dicari dan diminati untuk dijadikan sebagai dekorasi. Tampilan bangunan salah satunya seperti rumah jika menggunakan jenis marmer ini tentu akan sangat terlihat indah dan memukau.

Warnanya yang didominasi cokelat dan crem dengan corak pola permukaannya seperti sobekan kertas. Menjadi keunikan yang tidak ditemukan pada jenis marmer lainnya. tidak salah jika marmer ini digunakan sebagai element dekorasi utama pada sebuah bangunan.

11.  Marmer Hijau

marmer hijau
Marmer hijau, sumber: granite.com

Sama dengan jenis marmer budidaya yaitu, sama-sama terbentuk secara tidak alami. Dengan proses pembentukan yang dilakukan oleh manusia maka, terciptalah marmer hijau. Tampilan hijau yang menawan dan elegant tentu, membuat siapa saja yang melihatnya akan terpukau.

Perbedaan yang sangat jelas jika dibandingkan dengan jenis marmer lainnya adalah pola corak permukaannya. Memiliki bentuk seperti genangan air dengan ukuran yang lumayan besar. Ditambah dengan warna hijau pekat yang menyelimuti setiap corak pola pada permukaan membuat tampilannya semakin indah.

12. Marmer Hitam

marmer hitam
Marmer Hitam, sumber: jualmarmerimport.com

Jenis marmer terakhir ada marmer hitam yang memiliki tampilan warna yang dominan hitam dengan guratan putih pada permukaannya. Mejadi ciri khas dari marmer ini, sehingga sangat mudah untuk dikenali. Banyak digunakan pada area dapur dan kamar mandi, baik sebagai dinding atau lantai.

Marmer hitam memang cocok digunakan pada area yang rentan terhadap noda dan juga kotoran. Tentu dengan warnanya yang dominan hitam noda atau kotoran yang menempel pada permukaan marmer tidak tampak terlihat. Jika menggunakan rumah dengan konsep kontenporer dan ingin terlhat elegan dan meawah, marmer hitam bisa menjadi pilihannya.

Itulah beberapa jenis marmer yang diminati dan dijadikan sebagai dekorasi untuk memperindah tampilan dari sebuah bangunan. Untuk penggunannya sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan konsep yang digunakan. Sehingga dengan menggunakan marmer, tampilan bangunan seperti rumah dan hotel dapat lebih maksimal.

Semoga dengan informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat dan berguna. Bagi Anda yang sedang membutuhkan referensi mengenai jenis marmer.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan Kolom ini wajib diisi