Hal Yang Wajib Diketahui Sebelum Pasang Marmer

Hal Yang Wajib Diketahui Sebelum Pasang Marmer

Marmer banyak digunakan untuk memberikan sebuah sentuhan indah pada dekorasi sebuah bangunan. Tidak salah jika banyak menggunakan sebagai lapisan lantai untuk memberikan kesan mewah dan elegan. Ada hal yang harus Anda ketahui sebelum pasang marmer, agar tidak mengalami kesulitan dan kesalahan.

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa marmer adalah batuan alam yang tidak sama dengan jenis element lainnya untuk dekorasi. Sehingga ada hal-hal yang harus diperhatikan agar sesuai dengan keinginan. Tentu ketika sudah mengetahui hal apa saja yang harus dipersiapkan. Akan sangat membantu menyesuaikan pemasangan marmer dengan konsep bangunan yang digunakan.

Jika Anda mempunyai pengetahuan yang terbatas mengenai marmer, jangan khawatir ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan mencari tahu berbagai informasi pada sumber yang tepat. Seperti yang sedang Anda lakukan saat ini yaitu, membaca informasi mengenai hal yang harus diketahui sebelum pasang marmer.

Berikut ini penjelasan yang bisa disimak dan dipahami sebelum melakukan pemasangan marmer sebagai dekorasi diantaranya:

1. Mengetahui Jenis dan Motif Marmer

motif marmer
Motif Marmer, sumber: marmergranitimport.com

Hal yang pertama adalah menentukan jenis dan motif marmer yang akan digunakan sebagai dekorasi. Tentu menjadi salah satu faktor agar tampilan dari sebuah bangunan dapat terlihat serasai dengan konsep yang digunakan. Marmer memiliki banyak jenis dan motif yang beragam, sehingga tidak akan mengalami kesulitan dalam memilihnya. Tinggal melihat konsep seperti apa yang akan ditampilkan atau diperlihatkan pada sebuagh bangunan.

Ada jenis marmer dengan motif yang bagus dan bisa menjadi rekomendasi atau referensi dalam memilih marmer yang tepat. Marmer tersebut adalah Carrara, Statuario, Calacatta, Breccia dan sejenisnya. Untuk mendapatkan beragam jenis dan morif guratan marmer, carilah pada penyedia marmer dengan koleksi marmer yang lengkap. Sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam mencarinya.

2. Produk Finishing Marmer

Seperti yang sudah dijelaskan diawal bahwa marmer berbeda dengan jenis batuan alam lainnya. Dimana ada perlakuan khusus agar keindahan dari marmer dapat ditampilkan secara maksimal. Setelah pasang marmer selesai dilakukan ada yang namanya tahapan finisihing. Pada tahap ini akan menggunakan sebuah produk untuk mengkilapkan permukauan marmer.

Ada dua jenis finishing yang bisa dipilih pada tahap finishing atau sentuhan akhir yaitu, polished dan honed. Keduanya memiliki perbedaan dimana, polished memiliki tujuan untuk membuat permukaan marmer menjadi glossy dan mengkilap. Sedangkan untuk honed memiliki tujuan untuk membuat permukaan marmer menjadi lebih doff.

Sekarang Anda tak perlu repot lagi dalam melakukan pemasangan hingga tahap akhir finishing. Dengan menggunakan Jasa poles marmer semua hal tersebut dapat ditangani. Hasil maksimal baik kerapian pemasangan hingga tampilan permukaan mengkilap yang akan Anda peroleh.

3. Menentukan Ukuran Marmer

lembaran marmer
Lembaran marmer, sumber: jevtonline.org

Berbeda dengan keramik yang memiliki ukuran standar, sehingga bisa dilakukan pembelian kapan saja. Untuk marmer hal tersebut tidak bisa dilakukan karena tidak memiliki ukuran standar, sehingga harus dilakukan pemesanan terlebih dahulu. Maka luas area dinding, lantai, atau area lainnya yang akan dipasang marmer harus diketahui.

Ketika luas area pemasangan marmer sudah diketahui, bagi ukuran tersebut dengan efisien. Karena tidak memungkin untuk memesan langsung dalam ukuran yang besar. Sehingga pada tahap menentukan ukuran marmer harus dilakukan dengan cermat.

Ada satu hal lagi yang harus diketahui yaitu, ketebalan dari marmer. Ada banyak ukuran ketebalan marmer yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi area pemasangan. Dengan menggunakan ukuran slab marmer yang besar, dapat memberikan keluasan dalam mendesain.

4. Pemasangan Lantai Marmer

Memerlukan teknik yang khusus dalam pemasangan marmer, karena jika dilakukan secara sembaranga akan berakibar pada tampilannya. Urat atau guratan permukaan marmer menjadi point utama dalam pasang marmer agar terlihat menyatu dan memiliki keharmonisan.

Uratan pada marmer tercipta bukan dari hasil tangan manusia melainkan, lewat proses alam. Diamana terbentuk dan tercipta secara alami, sehingga guratan yang dihasilakan tentu memiliki alur pola yang tidak sama. Tetapi jika berasal darti satu slab yang sama memiliki guratan dengan alur yang serasi.

Pemasangan marmer yang memerlukan teknik khusus tentunya harus dilakukan oleh tenaga yang profesional. Anda bisa menggunakan jasa instalasi pemasangan marmer, dimana para pekerjanya merupakan orang yang ahli dibidangnya. Sehingga tampilan marmer dapat sesuai dengan yang diinginkan.

5. Melakukan Perawatan Marmer

Agar marmer dapat selalu tampil dengan maksimal dan tahan lama dalam penggunaannya. Melakukan perawatan menjadi salah satu cara yang wajib dilakukan jika Anda menginginkannya. Dalam melakukan perawatan tidaklah serumit proses pasang marmer atau instalasi. Cukup menggunakan produk perawatan marmer yang banyak sudah banyak tersedia dan dijual diberbagai marketplace.

Jangan lupa juga untuk mencari informasi mengenai bagaimana cara merawat marmer dengan benar. Walapun mudah untuk dilakukan akan tetapi, jika Anda mengetahuinya akan menghindari kerusakan yang akan ditimbulkan. Perawatan harian seperti membersihkan debu dan kotoran yang menempel, sebaiknya tetap dilakukan agar tampilan marmer selalu dalam keadaan baik dan bersih.

6. Membeli Marmer Bergaransi

marmer bergaransi
Marmer bergaransi, sumber: builder.id

Selalu pastikan bahwa marmer yang Anda beli untuk digunakan pada dekorasi sebuah bangunan memiliki garamsi atau jaminan. Hal ini memiliki tujuan untuk mencegah kerusakan yang ditimbulkan pada saat proses pemesanan atau pengiriman. Dengan adanya garansi membuat marmer yang dipesan memiliki jaminan jika terjadi kerusakan.

Melihat harganya yang tidak murah harus menjadi perhatian bagi Anda yang menggunakan marmer sebagai lantai atau dinding untuk dekorasi. Garansi menjadi bentuk dokumen atau bukti yang sah bila terjadi kerusakan yang diakibatkan oleh supplier marmer. Dengan menggunakan garansi akan memudahkan dalam meminta pertanggungjawabang jika terjadi kerusakan pada marmer.

7. Memilih Supplier Marmer yang Profesional

Jika Anda menginginkan kualitas marmer yang baik untuk dekorasi bangunan atau rumah, pilihlah supplier yang profesional. Dimana mereka dapat memberikan berbagai jenis dan motif marmer yang Anda butuhkan. Bukan hanya itu memberikan berbagai informasi dan penjelasan mengenai marmer secara jelas dan detail.

Dengan begitu dalam memilih jenis dan motif marmer yang dibutuhkan dapat dilakukan dengan mudah. Dimana semua informasi dibereikan secara jelas dan kesedian marmermya pun tersedia. Sehingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk memesan dan melakukan pemasangan marmer.

Itulah hal yang wajib untuk Anda ketahui sebelum pasang marmer untuk kebutuhan dari dekorasi bangunan. Tampilannya yang mewah dan elegan menjdikan marmer banyak digunakan dan diminati. Semoga dengan informasi yang telah disampaikan dapat bermnfaat.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan Kolom ini wajib diisi