logo icon jasa poles marmer marmerpro
Masalah Lantai Marmer Rumah Dan Cara Mengatasinya

Masalah Lantai Marmer Rumah Dan Cara Mengatasinya

Memiliki tampilan yang sangat mempesona menjadikan lantai marmer banyak digunakan. Itulah yang menjadi daya tarik dari marmer karena motif dan warnanya yang mukau dan indah. Disamping tampilannya yang indah terdapat juga masalah lantai marmer  rumah yang sering terjadi. Sehingga perlu adanya kehati-hatian bagi Anda yang menggunakan lantai marmer.

Masalah lantai marmer rumah biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari kualitasnya hingga kesalahan perawatan yang dilakukan karena tidak mengetahui karakteristiknya. Sehingga sangat penting bagi Anda untuk mengetahui kualitas hingga penggunaan lantai marmer.

Karena jika Anda hanya menggunakan tanpa mengetahui lebih jauh mengenai lantai marmer. Jika terjadi masalah pada lantai marmer maka, biasanya harus diganti. Ditambah dengan harganya yang tidak murah tentu akan membuat Anda merawatnya dengan baik.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan marmer sebenarnya sudah cukup. Namun, akan jauh lebih baik lagi jika Anda mengetahui masalah lantai marmer rumah dan cara mengatasinya. Ketika terjadi sesuatu  masalah pada lantai marmer, Anda dapat mengetahuinya dan bisa mengatasinya langsung. Sehingga lantai marmer bisa digunakan kembali tanpa harus menggantinya.

Kegunaan Lantai Marmer

Dalam penggunaan lantai marmer hampir disetiap sudut ruangan rumah dapat menggunakannya. Namun ada tapinya yaitu, ada beberapa ruangan yang tidak cocok menggunakan jenis lantai marmer. Sehingga perlu untuk Anda mengetahui dengan pasti kegunaan dari lantai marmer dapat dipakai untuk apa saja.

Berikut ini kegunaan dari lantai marmer untuk mempercantik tampilan interior maupun eksterior rumah.

1. Bisa Digunakan Hampir Pada Seluruh Ruangan

Tampilan interior menggunakan marmer, sumber manfaatmarmergranit.com
Tampilan interior menggunakan marmer, sumber: manfaatmarmergranit.com

Marmer dapat diaplikasikan pada seluruh ruangan rumah. Namun, ada beberapa ruangan yang tidak cocok menggunakan marmer sebagai pelapisnya. Ruangan tersebut adalah kamar mandi dan gudang yang tidak bisa digunakan karena tampilan dan kemanan.

Sisanya semua ruangan bisa menggunakan marmer untuk mempercantik tampilanya. Usahakan semaksimal mungkin kegunaan dari marmer untuk memberikan tampilan terbaik pada rumah Anda. Karena akan sangat disayangkan jika menggunakan marmer tapi, tampilan dari setiap ruangan rumah masih terlihat biasa-bisa saja.

2. Bisa Digunakan Pada Dinding 

Pengaplikasian marmer bukan hanya pada lantai saja. Bisa juga diaplikasikan pada dinding rumah untuk memberikan tampilan yang maksimal. Selain memberikan tampilan yang indah dan cantik, marmer juga bisa Anda gunakan untuk menutupi daerah lembab pada dinding. Sehingga tampilan dinding rumah tetap terlihat dalam kondisi yang baik.

3. Bisa Digunakan Pada Meja Dapur

Pengunaan marmer pada meja dapur kini telah banyak digunakan. selain untuk memberikan tampilan yang indah, marmer juga digunakan untuk membuat meja dapur menjadi lebih kuat. Karena marmer memiliki karakteristik tahan terhadap panas. Sehingga berbagai kegiatan pada dapur dapat dikerjakan dengan mudah dan ditemani dengan tampilan cantik dari marmer.

4. Bisa Digunakan Pada Lantai dan Dinding Teras

Penggunaan marmer pada dapur, sumber kompas.com
Penggunaan marmer pada dapur, sumber kompas.com

Untuk kegunaan pada exterior rumah Anda bisa menggunakan marmer untuk mempercantik tampilan teras. Ada berbagai jenis motif marmer yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan dan konsep exterior untuk mendaptakan tampilan yang indah.

Pengaplikasiannya bisa digunakan pada lantai dan juga dinding teras. Tinggal desesuaikan kembali agar penggunaan marmer dapat seimbang. Sehingga tampilan dari teras rumah dapat terlihat cantik dan menarik banyak perhatian.

Masalah Lantai Marmer Rumah dan Cara Mengatasinya

Marmer sama dengan jenis lantai lainnya yang bisa juga memiliki masalah walaupun mempunyai kualitas yang baik. Masalah umumnya yang terjadi pada marmer dikarenakan kurangnya perhatian terhdap perawatan yang seharusnya dilakuakn secara berkala.
Kurangnya perawatan tentu akan menimbulkan berbagai masalah pada lantai marmer. Apalagi jika marmer yang Anda gunakan memiliki kualitas yang rendah. Akan sangat rentan terhadap terjadinya sebuah masalah bila tidak dilakukan perawatan secara baik dan teraratur.
Berikut ini beberapa masalah pada lantai marmer rumah diantaranya:

1. Pengkristalan

Masalah lantai marmer  rumah yang terlihat seperti bubuk putih yang muncul pada permukaan. Hal ini biasanya terjadi pada saat instalasi marmer baru sehingga, akan muncul pengkristalan (effloresence) pada permukaannya. Masalah ini tergolong sangat wajar terjadi dan bisa dihilangkan.

Proses penghilangannya tidak bisa menggunakan air biasa. Akan tetapi, harus menggunakan cairan khusus seperti master disc dan sejenisnya. Dengan cara tesebut pengkristalan yang terjadi pada permukaan marmer dapat dihilangkan dengan mudah. Jadi, jangan panik atau khawatir jika terjadi pengkristalan pada saat instalasi marmer baru pada rumah Anda.

2. Kehilangan Tampilan Mengkilap

Tangga marmer yang kurang mengkilap, sumber semarangmarmergranit.com
Tangga marmer yang kurang mengkilap, sumber: semarangmarmergranit.com

Tampilan marmer yang mengkilap atau kinclong menjadi salah satu ciri khasnya. Sehingga bila kilapan pada permukaan marmer mulai redup atau bahkan hilang tentu tidak akan cantik dan menarik lagi. Hal ini sering terjadi pada lantai marmer rumah yang jarang terawat atau bahkan tidak sama sekali dilakukan perawatan. Selain itu, kilapan marmer juga dapat hilang atau redup akibat pemakaian cairan pembersih lantai yang salah.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut Anda bisa menggunakan Jasa poles marmer yang tentunya sudah sangat profesional dibidangnya. Sehingga tampilan marmer rumah Anda dapat terlihat kinclong seperti baru. Jadi, tak perlu repot-repot untuk mengganti marmer lama ke yang baru.

3. Tampilan Menjadi Kusam

Masalah ini sering terjadi pada lantai marmer rumah jika digunakan pada area yang sering terkena cairan. Marmer memiliki sifat yang sangat rentan terhadap cairan asam. Bila terkena cairan asam dan tidak langsung dibersihkan maka, tampilan marmer beberapa hari kemudian akan menjadi kusam.

Lalu bagaimana dengan dapur yang menggunakan marmer sebagai pelapisnya? Untuk menjaga tampilanya tetap bagus dan kiclong tentu perawatannya harus lebih sering dilakukan. Jadi,walaupun memiliki karakteristik yang rentan terhadap cairan asam. Bukan berarti marmer tidak dapat digunakan disemua ruagan.

4. Adanya Lubang Kecil Pada Permukaan

Lubang pada permukaan marmer, sumber marmermurah.com
Lubang pada permukaan marmer, sumber: marmermurah.com

Masalah marmer lantai rumah yang satu ini bisa dikatakan jarang terjadi. Namun, memiliki peluang yang besar terjadi jika lantai marmer sering terkena cairan yang mengandung kadar garam yang tinggi. Serta cairan atau air yang dibiarkan kering tanpa melakukan pengelapan. Hal inilah yang membuat adanya lubang-lubang kecil pada permukaan marmer.

Untuk mengatasinya tentu cukuplah mudah yaitu, Anda hanya perlu jeli dan teleti untuk segera mengelap tumpahan cairan serta pastikan benar-benar kering. Lalu, bagaimana dengan permukan lantai marmer yang terdapat lubang-lubang kecil. Anda bisa melakukan penambalan menggunakan polyester, epopxy, dan yang sejenisnya. Sehingga tampilan marmer akan terlihat rapih kembali walaupun, akan sedikit terlihat berbeda dari keadaan normalnya.

Itulah masalah  lantai marmer rumah dan cara untuk mengatasinya yang bisa menjadi informasi tambahan bagi Anda para pengguna lantai marmer. Jika dilihat masalah yang terjadi dikarenakan kurangnya perawatan secara teratur atau berkala.

Sehingga perlu untuk Anda membuat jadwal perawatan marmer dan jika terlihat kotor bisa langsung dilakukan pembersihan. Jika ingin lebih mudah, bisa gunakan jasa dari Marmer Pro yang akan melakukan berbagai perawatan untuk tetap menjaga tampilan marmer terlihat seperti baru.

Semoga dengan berbagai informasi yang telah disampaikan dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan Kolom ini wajib diisi