logo icon jasa poles marmer marmerpro
Membersihkan Lantai Rumah dari Kerak Membandel

Membersihkan Lantai Rumah dari Kerak Membandel

Aktivitas bersih-bersih rumah merupakan aktivitas yang harus dilakukan berkala untuk memastikan rumah hunian menjadi bersih. Karena hal ini penting, maka tidak jarang pemilik rumah yang tidak sempat mengerjakan pekerjaan ini karena kesibukannya rela membayar orang untuk membersihkan rumahnya. Salah satu yang menjadi fokus pekerjaan membersihkan rumah adalah membersihkan lantai.

Lantai adalah bagian dari rumah yang sering kotor. Mungkin Anda berpikiran bahwa membersihkan lantai hanya cukup dengan menyapu dan mengepel saja. Padahal tidak seperti itu. Adakalanya di momen tertentu seperti saat renovasi rumah, lantai menjadi sangat kotor dan susah dibersihkan.

Atau di bagian rumah seperti kamar mandi dan dapur, kotoran yang ada pada lantai menjadi sulit dibersihkan karena selalu dalam kondisi lembab. Meskipun susah di bersihkan, tentu tidak bisa dibiarkan kotor. Artikel ini akan memberikan solusi tuntas mengenai masalah kotoran lantai yang sulit dibersihkan.

Lantai bersih menjadikan ruangan nyaman. Sumber Unsplash.com @nathanrjliving

Membersihkan Lantai Mengapa Penting?

Seperti halnya bagian rumah Anda lainnya, bagian lantai adalah bagian rumah yang sangat vital. Karena itu, Anda perlu melakukan perawatan dan membersihkannya secara berkala. Setidaknya inilah alasannya, mengapa Anda perlu membersihkan lantai rumah secara berkala :

1. Enak dipandang

Lantai yang jarang dibersihkan tentunya akan kotor dan permukaannya lekas kusam. Karena itu, untuk menjaga agar penampilan rumah Anda, terutama bagian lantai, selalu bagus, pastikan Anda membersihkannya secara berkala. Bahkan ketika Anda menggunakan jasa pasang marmer dan menggunakan marmer termahal sekalipun, jika tidak rutin dibersihkan akan timbul bercak yang mengganggu pemandangan.

2. Agar tidak licin

Terutama untuk lantai kamar mandi, Anda harus membersihkan sesering mungkin. Keberadaan jamur dan lumut karena kondisi ruangan kamar mandi yang lembab akan menyebabkan lantai menjadi licin dan dinding kamar mandi cepat kotor karena jamur ataupun lumut. Jika tidak sering dibersihkan, tentu akan membahayakan karena Anda bisa saja terpeleset karena licin.

3. Faktor kesehatan

Anak-anak, terutama di usia balita, akan lebih suka bermain di lantai. Mereka terbiasa merangkak, duduk maupun tiduran di lantai. Tahukah Anda bahwa lantai adalah tempat keberadaan berbagai bakteri dan parasit yang bisa menimbulkan gangguan kulit? Agar putra putri Anda senantiasa aman ketika bermain di lantai pastikan Anda sering membersihkan lantai Anda dengan cara mengepel dengan karbol.

Bagaimana Cara Membersihkan Lantai yang Kotor dari Kerak?

Untuk kotoran debu yang ada di permukaan lantai, Anda cukup mengepel atau menyapu debu tersebut. Ini sudah biasa dilakukan setiap hari. Namun bagaimana dengan kotoran yang membandel?

Terkadang Anda akan sering menemukan kasus dimana lantai rumah kotor dan susah untuk dibersihkan. Jika Anda membersihkannya hanya dengan menyapu dan mengepel dengan sabun pembersih lantai saja kotoran tersebut akan susah hilang. Ada beberapa tips untuk membersihkan lantai kotor yang membandel.

Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi dari Kerak Lumut

Perpaduan antara endapan busa sabun, lumut dan kotoran lain akan memunculkan kerak pada dinding dan lantai kamar mandi yang akan susah untuk dibersihkan. Selain lantai kamar mandi terlihat bernoda, permukaan lantai kamar mandi menjadi lebih licin karena adanya lumut. Ini tentu akan membahayakan siapa saja yang memasukinya.

membersihkan lantai
Lantai kamar mandi rentan terkena kotoran jamur atau lumut karena lembab. Sumber Pexels @william-lemond

Cara membersihkannya adalah berikut ini :

  • Siapkan bahan yang digunakan, yakni air panas dan bahan kimia pembersih lantai. Untuk bahan kimia Anda bisa menggunakan kaporit, cuka atau asam sitrat. Namun untuk hasil yang maksimal kaporit sangat direkomendasikan.
  • Guyur permukaan lantai kamar mandi dengan air panas secara merata. Semakin panas air, maka semakin baik. Karena itu, pastikan Anda melakukannya dengan aman.
  • Taburkan bahan kimia di permukaan lantai dan dinding kamar mandi. Kemudian ratakan menggunakan sikat lantai. Karena bahan kimia menyebabkan iritasi, sebaiknya Anda mengenakan kaos tangan karet ketika melakukannya.
  • Diamkan selama 30 menit. Selama waktu 30 menit tersebut sebaiknya Anda tidak berada di dalam kamar mandi. Pencampuran bahan kimia dengan air bisa menghasilkan gas yang mungin berbahaya, karena itu pastikan Anda menggunakan masker.
  • Gosok permukaan lantai menggunakan sikat lantai dan guyur dengan air bersih. Lakukan hal ini secara merata sehingga sisa-sisa bahan kimia hilang.
  • Jika masih terdapat bau bahan kimia, maka Anda cukup membiarkan saja karena bau tersebut bisa berkurang dan hilang sendiri. Namun jika Anda tidak tahan maka Anda bisa memberikan aroma lain di permukaan lantai seperti menyiram permukaan lantai dengan karbol yang berbau wangi, atau sabun cuci piring aroma lemon.
  • Anda akan mendapati lantai kamar mandi Anda tidak licin, bersih dan tidak ada bau pesing sedikitpun.

Cara Membersihkan Lantai Setelah Renovasi dari Kerak Semen

Setelah rumah direnovasi, biasanya akan meninggalkan kotoran pada lantai yang susah untuk dihilangkan. Hal ini dikarenakan kotoran tersebut adalah bongkahan kecil, cipratan atau bercak yang mengandung semen. Jika bercak ini mengeras, Anda akan kesulitan untuk membersihkannya.

Untuk mengantisipasi hal ini, Anda bisa melakukan hal berikut :

  • Anda bisa meletakkan pelindung lantai jika Anda bisa memperkirakan dimana bercak, cipratan atau bongkahan kecil material tersebut jatuh. Koran, bungkus semen, atau terpal bisa Anda gunakan untuk melindungi lantai Anda.

Tukang bangunan biasanya juga melakukannya, namun tidak ada salahnya jika Anda mengeceknya kembali. Bisa jadi tukang bangunan melindungi lantai Anda dengan alat seadanya yang mereka temukan.

  • Jika renovasi dilakukan berhari-hari, jika memungkinkan bersihkan sisa kotoran tersebut di sore hari ketika jam kerja tukang bangunan telah selesai. Jangan menunggu kotoran menumpuk dan baru dibersihkan di akhir pekerjaan.

Lakukan pembersihan setiap hari. Anda bisa melakukan sendiri atau meminta tukang membersihkannya dengan menambah upah lembur. Biasanya tukang bangunan tetap akan membersihkan setiap hari meskipun tidak diminta, hanya saja terkadang pembersihannya dilakukan seadanya.

Lalu bagaimana cara membersihkan lantai setelah renovasi agar lantai mengkilap kembali?

Jika lantai Anda sudah terlanjur kotor karena di awal tidak ditutupi dengan pelindung, maka Anda bisa membersihkannya dengan melakukan langkah berikut ini :

  • Bersihkan bagian atas bangunan sebelum Anda membersihkan bagian lantainya. Langkah ini untuk mengantisipasi jangan sampai ada kotoran yang jatuh dari atas karena bagian atas belum bersih ketika bagian bawah telah bersih dari kotoran.
membersihkan lantai
Mesin poles lantai. Sumber YouTube
  • Jika noda semen telah mengerak di lantai, Anda bisa membersihkannya menggunakan benda tajam seperti pisau atau cutter besar. Pisau atau cutter tidak akan merusak permukaan keramik. Cukup kerok kerak yang ada di lantai dengan pelan dan ulangi beberapa kali sampai bersih.
  • Untuk menghilangkan debu dan kotoran tanah atau pasir, Anda bisa menggunakan air. Cukup guyur permukaan lantai menggunakan air. Untuk noda debu yang masih membandel, Anda bisa menggosoknya menggunakan sikat lantai atau kain.
  • Untuk hasil terbaik, Anda bisa menggunakan mesin polisher lantai. Dengan cara ini lantai Anda akan bersih kembali menggunakan mesin poles.¬†

Untuk penggunaan jasa polisher, sebaiknya Anda mempercayakan kepada yang berpengalaman. Marmerpro sebagai perusahaan yang sudah berpengalaman dalam jasa poles marmer maupun pemasangan bisa Anda rekomendasikan untuk layanan polish lantai Anda.

Demikianlah beberapa langkah untuk membersihkan lantai rumah yang kotor dan susah dibersihkan. Pekerjaan ini memang menyebalkan, namun Anda tentu tidak akan membiarkan lantai Anda kotor bukan? Lakukan sesuai langkah yang diberikan dan semoga berhasil!

 

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan Kolom ini wajib diisi