Marmer vs Granit: Apakah Keduanya Sama?

Marmer vs Granit: Apakah Keduanya Sama?

Siapa yang tidak mengenal marmer dan granit jenis batuan alam yang sangat popoluer dan banyak digunakan dalam dunia kontruksi. Dengan menggunakan jenis batuan alam tersebut akan menampilkan kesan mewah dan elegant pada sebuah konturksi bagunan seperti rumah atau hotel. Marmer vs Granit apakah keduanya sama? inilah pertanyaan yang akan muncul ketika meyandingkan kedua jenis batuan alam ini.

Jika dilihat kedua jenis batuan alam tersebut memiliki kemiripan yang hampir sama. Akan tetapi, ternyata marmer dan granit memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan dan kekurangannya dilihat dari segi penampilan, daya tahan, corak atu motif, dan yang lainnya. walaupun keduanya sama-sama merupakan batuan alami yang didapatkan dari alam, kedua jenis batuan ini mememiliki perbedaan yang signifikan.

Dalam sebuah kontruksi marmer dan granit banyak digunakan untuk lantai seperti dapur, meja dapur, ruang tamu, kamar mandi, dan ruangan lainnya. Ketika Anda mengetahui perbedaan diantara keduanya akan sangat memudahkan dalam memilih lantai yang cocok untuk kontruksi sebuah bangunan.

Untuk itu agar mengetahui perbedaan, kelebihan, dan kekurangan marmer vs granit. Berikut ini pembahasannya yang bisa Anda simak

Pengertian Marmer dan Granit

batuan marmer dan granit
Batuan Marmer dan Granit, sumber: pusatmarmergranit.com

Sebelum menyimak pembahasannya lebih lanjut alangkah baiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa itu marmer dan granit. Pertama akan dibahas terlebih dahulu adalah Marmer atau dikenal juga dengan marble. Jenis batuan hasil proses metamorfosa dari batuan kapur (batu gamping) yang dipengaruhi oleh gaya endorgen.

Gaya tersebut menghasilkan sebuah pengaruh temperatur dan tekanan, sehingga batu gamping mengalami proses rekristalisasi. Dari proses tersebut membuat berbagai struktur foliasi maupun non foliasi sampai terbentuklah batu marmer. Dari semua jenis batuan alami, marmer merupakan batu yang paling baik tampilannya dan juga mewah.

Warna alami yang dihasilkan dari batu alam ini sangatlah beraneka ragam. Untuk penggunaan marmer juga serba guna dimana, bisa digunakan pada lantai, dinding, furniture ornament, dan lain-lain. Informasi tambahan bahwa marmer sangat jarang digunakan pada area dapur dikarenakan sangat rentan terhadap cairan asam. Dimana jika marmer terkena cairan asam maka, akan menyebabkan berubahnya warna permukaannya.

Sekarang berlanjut pada pengertian Granit yang merupakan batuan igneous granular yang mempunyai stuktur faneritik (dapat dilihat). Batuan dengan tekstur faneritik memiliki butiran yang dapat dilihat langsung oleh mata tanpa menggunakan alat bantu seperti mikroskop. Butiran kristal yang besar menggambarkan bahwa pembekuan yang berlangsung terjadi sangat lama pada permukaan bumi.

Berbeda dengan marmer yang tidak dapat digunakan pada area dapur, untuk granit dapat digunakan. Sama seperti marmer yang penggunaannya serba guna yaitu, dapat digunakan pada lantai, counter top dapur, pada area indoor dan outdoor, dan lain-lain.

Perbandingan Marmer vs Granit

Setelah mengetahui apa itu marmer dan granit sekarang akan dibahas mengenai perbebdaan keduanya. Dengan mengetahui spesifikasi dari batuan alam ini akan sangat membantu Anda untuk diaplikasikan pada sebuah kontruksi bangunan yang akan dibangun. Bisa juga pada rumah yang akan dilakukan renovasi untuk memperindah tampilan interior maupun eksterior.

1. Penampilan

penampilan marmer dan granit
Penampilan Marmer dan Granit, sumber: teraso-granit.com

Jika dilihat dari penampilan akan sangat terlihat jelas diantara kedua jenis batuan alam ini. Dimana penampilan dari Marmer biasanya berwarna putih keabu-abuan atau krem dan memiliki motif urat dengan warna gelap yang melewati permukaanya. Motif urat pada marmer disebabkan dari terbentuknya kotoran mineral, seperti endapan lumpur dan besi.

Sedangkan untuk tampilan dari Granit akan terlihat jelas motif bintik-bintik yang dihasilkan dari batu-batu yang melebur di dalamnya. Jenis batu tersebut seperti kuarsa, feldspar, mika biotit, dan amfibol serta tersedia dalam berbagai bentuk dan warna.

2. Karakter

Marmer memiliki karakter yang sangat rentan terhadap noda, panas, dan cairan asam. Hal tersebut akan membuat kualitas dari marmer menurun, terutama tampilan dan motifnya akan memudar jika terkena noda atau cairan asam. Sehingga perlu kehati-hatian dalam memasang dan menggunakannya. Hindari penggunaan marmer pada tempat yang mudah terkana dari faktor yang akan membuat kualitas marmer menurun.

Untuk karakter Granit tidak jauh beda dengan marmer, hanya saja sangat rentan terhadap cairan dan noda. Dimana jika granit terkena cairan atau noda akan sangat mudah diserap dan akan menimbulkan noda yang membandel. Artinya akan susah dihilangkan dari permukaan granit, sehingga perlu kehati-hatian jika berada pada area yang menggunakan granit.

3. Kekuatan dan Tahan Lama

Jika dibandingkan marmer vs granit yang memiliki ketahanan cukup baik adalah granit. Karena granit memiliki karakter yang baik terhadap beberapa faktor jika dibandingkan dengan marmer. Penggunaan granit sangat cocok digunakan untuk lantai restoran dan dapur, karena karakternya yang cukup kuat dan memiliki ketahanan terhadap panas.

Akan tetapi, jika dibandingkan dengan tampilan mewah dan elegant marmer memiliki keunggulannya. Untuk kekuatan dan tahan lama marmer dan granit tidaklah jauh beda, hanya saja granit yang lebih unggul. Jadi,kekuatan dan tahan lama dari marmer dan granit tergantung dari perawatan yang dilakukan.

4. Perawatan dan Pemeliharaan

proses perawatan granit
Proses perawatan granit, sumber: hes.co.id

Sangat penting untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan terhadap marmer dan granit. jenis batuan alam ini sangatlah berbeda dengan jenis batuan pada umumnya yang tidak memerlukan perawatan khusus. Perawatan dan pemeliharaan dilakukan agar penampilan dari marmer dan granit selalu dalam keadaan yang maksimal. Kekuatan dan tahan lama dari kedua batuan alam ini juga ditentukan oleh perawatan yang dilakukan. Untuk itu Anda bisa menggunakan Jasa poles marmer untuk merawat dan membersihkan berbagai noda pada permukaanya.

Dengan melakukan perawatan dan pemeliharaan marmer dan granit akan tetap dalam kondisi yang baik. Sehingga berbagai faktor yang menyebabkan kerusakan atau menurunkan kualitas dari marmer dan granit bisa diatasi.

Sekian informasi yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini mengenai marmer dan granit. Kedua batuan alam ini memang memiliki kemiripan yang hampir sama. Tetapi, tetap dikatakan berbeda karena karkteristik, kelebihan, dan kekurangan antara marmer dan granit berbeda. Semoga bisa bermanfaat dan sampai bertemu lagi pada artikel-artikel berikutnya.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan Kolom ini wajib diisi