logo icon jasa poles marmer marmerpro
Teknik Pemotongan Batu Marmer Yang Jarang Diketahui!

Teknik Pemotongan Batu Marmer Yang Jarang Diketahui!

Terkenal akan tampilannya yang mewah dengan beragam motif cantik. Menjadikan marmer menjadi salah satu jenis lantai yang favorit dan banyak digunakan. Sehingga dalam penggunaannya sangat diperhatikan dan diperhitungkan, karena harganya yang tidak murah. Pemotongan batu marmer menjadi pengerjaan yang memerlukan teknik dan perhitungan yang akurat.

Jika dilihat pemotongan batu marmer terlihat mudah-mudah saja jika dilakukan. Akan terasa sulit bila Anda memotongnya secara langsung, apalagi jika belum mengetahui tekniknya. Tentu hal ini akan berpengaruh pada hasil potongan serta akan berdampak pada bentuk dan ukuran yang diinginkan.

Dengan menguasai teknik pemotongan batu marmer akan sangat membantu Anda pada saat melakukanya. Selain itu, hasil dari pemotongan akan lebih halus dan sesauai dengan ukuran yang diinginkan. Karena pada saat pengaplikasian marmer pada dinding maupun lantai. Pasti ada bagian yang membutuhkan potongan marmer agar dapat terpasang dengan baik.

Teknik pemotongan batu marmer akan sangat baik jika diketahui oleh Anda semua tanpa memandang profesi. Karena tidak semua hal di rumah Anda dikerjakan oleh tukang. Namun, bisa juga dikerjakan sendiri bila mana perbaikan atau pemasangan marmer tidak begitu banyak.

Alat Pemotongan Batu Marmer

Ada banyak jenis alat potong batu marmer mulai dari sederhana hingga memiliki tingkat kepresisian yang tinggi. Semua jenis alat potong batu marmer tergantung dengan ukuran dan tingkat kesulitan dalam pemotongannya.

Jika memotong batu marmer dalam bongkahan yang cukup besar akan memnggunakan mesin dengan tenaga atau power yang besar juga. Begitupun sebaliknya, jika Anda hanya memotong marmer yang sudah jadi bisa menggunakan jenis mesin potong yang sederhana.

Berikut ini beberapa alat atau mesin pemotongan batu marmer yang sering digunakan diantaranya:

1. Gergaji Belah Batu Marmer

Mesin belah batu marmer, sumber indiamart.com
Mesin belah batu marmer, sumber: indiamart.com

Alat pemotong batu marmer yang satu ini memiliki ukuran yang cukup besar. Karena fungsi penggunaannya untuk membelah bongkahan batu marmer berukuran besar menjadi potongan-potongan kecil.

Biasanya digunakan pada pabrik batu marmer dalam membantu kegiatan produksi. Dengan menggunakan gergaji belah batu marmer berbagai bentuk bongkahan batu marmer dapat dipotong dengan mudah.

2. Air Jet Batu Marmer

Air jet pemotongan batu marmer, sumber alibaba.com
Air jet pemotongan batu marmer, sumber alibaba.com

Menggunakan tenaga tekanan air yang cukup tinggi dengan campuran partikel. Membuat alat pemotongan dengan jenis air jet dapat memotong batu marmer yang cukup keras dengan mudah. Ini merupakan salah satu jenis alat pemotongan batu marmer yang lebih efisien.

Tersedia dalam beberapa ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan skala produksi marmer yang Anda jalankan. Jika dibandingkan dengan pemotongan yang menggnakan mata potong. Air jet batu marmer memiliki kecepatan potong yang lebih cepat atau unggul.

3. Mesin Potong Batu Marmer

Mesin potong marmer, sumber tehniq.com
Mesin potong marmer, sumber: tehniq.com

Banyak digunakan untuk memotong marmer yang sudah jadi atau siap pakai. Dimana, pemotongan yang dilakukan menggunakan tenaga mesin dan dikendalikan langsung oleh tangan. Ukurannya yang fleksibel dan mudah dalam mengoperasikannya banyak digunakan untuk memotong lantai marmer.

Ada banyak jenis dan bentuk dari mesin potong batu marmer yang bisa Anda sesuaikan dengan berbagai kebutuhan pemotongan. Sehingga akan membantu dalam proses pemotongan dengan berbagai bentuk dan tingkat keakurasian ukuran yang diinginkan.

Cara Pemotongan Batu Marmer

Dalam pemotongan batu marmer tidak dilakukan begitu saja tanpa adanya persiapan yang direncanakan sebelumnya. Marmer merupakan batuan alam yang proses pembentukannya terjadi secara alami dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghasilkan jenis batu yang baik.

Inilah cara yang dilakukan pada proses pemotongan batu marmer sehingga, mendapatkan hasil yang mulus dan lebih efisien.

1. Menggunakan Alat Pelindung Diri (APD)

Hal ini masih sering dibaikan bagi para pekerja yang bertugas untuk melakukan pemotongan batu marmer. Tingkat kesadaran yang rendah membuat keselamatan saat melakukan pemotongan pun akan memiliki resiko yang besar. Karena pemotongan yang dilakukan menggunakan mesin potong bertenaga tinggi.

Jadi, cara pertama yang harus Anda lakukan adalah menggunakan alat pelindung diri. Sebelum melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pemotongan batu marmer. tujuannya tentu untuk mencegah dari berbagai resiko pada saat proses pemotongan dilakukan.

2. Mengetahui Jenis Batu Marmer 

Jenis batu marmer, sumber ilmuips.my.id
Jenis batu marmer, sumber: ilmuips.my.id

Penting untuk Anda dapat mengetahui jenis batu marmer yang akan dilakukan pemotongan. Karena batu marmer memiliki bergam jenis dan ukuran yang diperoleh di alam berbeda-beda. Dengan mengetahui jenisnya akan membantu Anda dalam melakukan perencanaan pemotongan.

Tentunya juga bukan hanya dalam bentuk bongkahan batu marmer saja. Anda bisa lakukan juga pada marmer yang sudah dalam bentuk siap pakai. Pertimbangannya selain pada jenisnya Anda juga harus bisa melihat corak atau motif marmer dengan baik. Sehingga pada saat pemotongan bisa mendapatkan hasil corak yang pas atau seusai.

3. Melakukan Pengukuran Batu Marmer 

Jika dalam bentuk bongkahan pengukuran batu marmer akan diperhitungkan ketika sudah diratakan. Dimana, dengan bentuk yang rata akan memudahkan dalam melakukan pengukuran dan sekaligus pembagiannya. Biasanya akan dipotong dalam bentuk slab dengan ukuran standard yaitu, 150 cm x 260 cm.

Bila pemotongan untuk marmer yang sudah siap pakai. Pengukurannya disesuaikan dengan luas area yang akan dipasangi marmer. Biasanya hal ini banyak diterapkan pada saat memasang marmer pada bagian sisi akhir lantai atau dinding. Jadi, usahakan diukur dengan baik dan tepat agar pada saat pemotongan mendapatkan hasil potong yang sesuai.

4. Menggunakan Mesin Potong Batu Marmer

Memiliki tingkat kekerasan yang tinggi tentunya tidak mungkin melakukan pemotongan menggunaknan tenaga tangan. Sehingga memerlukan bantuan tenaga mesin yang akan mempermudah proses pemotongan. Banyak jenis mesin pemotongan batu marmer yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Gunakanlah jenis mesin yang sesuai dengan bentuk marmer yang akan dipotong. Jika berukuran besar atau dalam bentuk bongkahan bisa menggunakan gergaji belah batu marmer atau air jet. Sedangkan untuk marmer siap pakai bisa menggunakan mesin potong batu marmer.

5. Memotong Mengikuti Pola Batu Marmer 

Marmer dengan ukuran slab, sumber builder.id
Marmer dengan ukuran slab, sumber: builder.id

Pola pada batu atau produk siap pakai marmer didapatkan dari proses pengukuran. Bentuk pola dibuat sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Baik untuk kebutuhan penjualan atau pengaplikasiannya pada berbagai bidang permukaan.

Untuk mendapatkan hasil yang mulus dan sesuai dengan pengukuran yang telah dilakukan. Pada saat pemotongan Anda harus jeli dengan pola atau tanda yang sudah dibuat. Jadi, pemotongan yang dilakukan tinggal mengikuti alur pola yang ada sudah ada pada marmer.

6. Melakukan Pemolesan Batu Marmer

Ini meruapakan tahap akhir dari pemotongan batu marmer untuk mendapatkan hasil yang cantik dan juga indah. Setelah selesai melakukan pemotongan marmer akan dipoles hingga corak pada permukaannya terlihat mengkilap. Sekaligus membersihkan marmer dari kotoran yang disebabkan dari proses pemotongan.

Sedangakan untuk marmer yang siap pakai biasanya akan menggunakan Jasa poles marmer. Tujuannya tentu sama yaitu, untuk memberikan tampilan yang mengkilap atau kinclong. Sehingga tampilan marmer akan enak dipandang karena terlihat indah dan mewah.

Dengan mengetahui teknik pemotongan batu marmer tentu Anda bisa melakukannya secara baik dan benar. Jika Anda tertarik memasang lantai marmer, merawat, dan memesannya. Bisa langsung hubungi Marmer Pro merupakan jasa yang sudah ahli dibidangnya. Anda juga bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu, untuk mendapatkan arahan sesuai dengan kebutuhan.

Semoga dengan berbagai informasi yang sudah disampaikan dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan Kolom ini wajib diisi