Penyebab Lantai Licin dan Solusi Tuntas untuk Mengatasinya

Lantai merupakan bagian yang cukup penting peranannya dalam sebuah rumah. Oleh karenanya, kebersihan lantai wajib dijaga agar tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari. Masalah yang sering kali muncul pada  lantai salah satunya adalah lantai licin yang akan membuat penghuni rumah merasa kurang nyaman.

Masalah lantai licin bukan sekedar mengganggu, akan tetapi juga dapat menimbulkan cedera yang serius dan bahkan bisa berakibat sangat fatal. Umumnya, lantai yang licin ini terjadi pada lantai di area tertentu seperti area kamar mandi, dapur dan bisa juga terjadi pada lantai ruang tamu dan ruang keluarga.

Pada kamar mandi, licin ini bisa disebabkan oleh adanya lumut dan kotoran yang menumpuk di lantai kamar mandi. Selain itu, pada area lantai lainnya masalah tersebut bisa disebabkan oleh lemak, minyak atau cairan tertentu yang tumpah pada permukaan lantai dan penyebab-penyebab lainnya. Untuk selengkapnya baca artikel ini sampai selesai.

Penyebab Lantai Licin

Berupaya untuk mengatasi masalah adalah sebuah hal yang penting untuk dilakukan. Namun, hal yang tak kalah penting dari itu adalah mengetahui terlebih dahulu akar masalah penyebab terjadinya masalah itu tadi, agar solusi yang diberikan bisa tepat sasaran. Karenanya, untuk Anda yang ingin mengatasi masalah lantai simak dulu penyebabnya di bawah ini. Setelah menemukan akar masalah, langkah selanjutnya adalah mencari solusi yang tepat.

Pemilihan Keramik yang Salah

Penyebab pertama lantai yang licin adalah pemilihan keramik yang salah. Penyebab satu ini sering terjadi pada lantai area kamar mandi. Area kamar mandi adalah area yang lembab karena terpapar langsung oleh air. Oleh karenanya, umumnya orang menggunakan keramik dengan tekstur yang kasar pada area satu ini.

Proses pemasangan keramik lantai, sumber: google.com
Proses pemasangan keramik lantai, sumber: google.com

Lantai Tergenang Air

Masalah lantai ini juga bisa terjadi akibat adanya genangan air. Hal ini bisa disebabkan oleh atap rumah yang bocor, saluran air yang bocor atau air yang tumpah secara tidak sengaja dan tidak segera dikeringkan. Oleh karenanya, jika Anda tidak ingin anggota keluarga terancam bahaya akibatnya, pastikan lantai rumah Anda terbebas dari genangan air.

Udara yang Lembab

Selain genangan air dan pilihan keramik yang salah, lantai yang licin juga bisa saja disebabkan oleh udara yang lembab di dalam rumah. Sebagaimana yang diulas di awal, adanya lumut bisa membuat lantai licin. Kondisi yang lembab adalah suhu yang sangat pas bagi lumut untuk tumbuh dan berkembang biak.

Kondisi lembab ini sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari adanya genangan air sampai pada kurangnya pencahayaan pada rumah. Oleh karenanya, Anda bisa mengoptimalkan langkah pencegahannya dengan memberikan akses pencahayaan yang lebih pada rumah Anda.

Salah dalam Epoxy Lantai

Epoxy lantai merupakan material pelapis untuk permukaan lantai yang difungsikan untuk melindungi lantai rumah dari gesekan dan benturan yang kuat. Namun, tak jarang yang masih belum tau bahwa penggunaan epoxy lantai yang salah bisa menyebabkan lantai menjadi licin.

Kurang Perawatan

Penyebab lantai licin yang mungkin jarang diketahui oleh orang adalah tidak adanya perawatan atau minimnya perawatan yang diberikan pada lantai. Penyebab satu ini juga sering disebut dengan faktor usia.

Perawatan lantai, sumber: google.com
Perawatan lantai, sumber: google.com

Apabila lantai rumah Anda, baik lantai pada area kamar mandi, lantai dapur maupun lantai lainnya terasa licin bisa jadi itu menandakan bahwa lantai tersebut sudah lama tidak mendapatkan perawatan. Dalam hal ini Anda perlu memberikan perawatan yang totalitas dan maksimal pada lantai di setiap sudut rumah Anda.

Solusi Tuntas Mengatasi Lantai Licin

Nah, setelah Anda mengetahui beberapa penyebab terjadinya masalah lantai di atas, kami rasa tidak lengkap kiranya jika tidak dilanjutkan dengan bahasan mengenai solusi untuk mengatasi masalah lantai licin. Untuk Anda yang membutuhkan informasinya, simak ulasanya di bawah ini.

Bersihkan Secara Rutin

Cara pertama yang bisa Anda upayakan untuk mengatasi masalah lantai ini adalah dengan membersihkan lantai secara rutin agar minyak, kotoran, lumut dan hal lainnya yang menyebabkan licinnya lantai menjadi bersih.

Dalam hal ini, Anda juga sangat disarankan untuk menggunakan produk pembersih lantai yang cocok untuk bahan lantai rumah. Jangan sampai Anda salah pilih produk, sebab produk yang salah bisa meninggalkan residu pada permukaan lantai dan bukannya menghilangkan masalah, malah lantai semakin licin.

Pel Lantai dengan Air Jeruk

Keramik yang licin dapat juga diatasi dengan air jeruk. Selain bisa menghilangkan, minimal meminimalisir lantai yang licin, jeruk juga bisa menjadi pengharum alami pada lantai rumah Anda. Penggunaan bahan ini sangat mudah sekali dan tentu saja sangat low budget.

Jeruk nipis atasi lantai licin, sumber: google.com
Jeruk nipis, sumber: google.com

Menggunakan Garam

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan bahan yang ada di dapur, yakni garam. Untuk cara menggunakannya, Anda bisa memasukkan garam pada air yang telah dipanaskan sebelumnya. Selanjutnya, air garam tersebut disiramkan pada area lantai yang licin, digosok sampai bersih dan dipel dengan kain yang bersih. Cara satu ini diyakini bisa mengatasi masalah licin pada lantai.

Memanfaatkan Sabun Cuci Piring

Mungkin kebanyakan dari Anda merasa bingung kenapa sabun cuci piring masuk daftar solusi untuk mengatasi masalah lantai. Terkesan aneh, namun banyak yang meyakini yang memanfaatkan bahan satu ini untuk menanggulangi masalah lantai rumah. Untuk memastikannya, Anda bisa mencobanya sendiri.

Memakai Cat Lantai Anti Licin

Solusi tuntas terakhir yang sering dipakai adalah dengan menggunakan cat lantai anti licin. Cat lantai atau yang sering disebut dengan epoxy lantai adalah sebuah jenis cat yang secara khusus dimanfaatkan untuk membuat tampilan lantai keramik kembali mulus dan mengkilap.

Epoxy lantai rumah memang memberikan banyak manfaat pada lantai, namun tak jarang penggunaannya malah menambah licin lantai rumah Anda, sebagaimana penjelasan penyebab lantai di atas. Sebagai solusinya sangat disarankan untuk menggunakan cara lain yang lebih efektif. Salah satu cara yang kami rasa sangat efektif adalah dengan poles lantai.

Lakukan poles lantai, sumber: google.com
Lakukan poles lantai, sumber: google.com

 

Poles lantai adalah bagian yang penting yang tidak terpisahkan dari perawatan interior. Memoles lantai umumnya dilakukan pada lantai yang masih maupun lantai yang sudah lama dengan berbagai masalah, termasuk masalah lantai ini dan warnanya yang kusam.

Pelajari juga tentang dampak negatif dan manfaat poles lantai pada artikel berjudul “Pentingnya Jasa Pasang dan Poles Lantai Profesional”.

 

Leave a Comment