Manfaat Lantai Marmer untuk Galeri

Dewasa ini, banyak bangunan megah memiliki lantai marmer yang memukau. Dengan motif-motif urat yang unik, lantai marmer yang indah tersebut membuat bangunan-bangunan terlihat megah dan mewah.

Lantai marmer yang kerap ditemui di bangunan hotel atau perkantoran sudah banyak juga digunakan dalam hunian perumahan. Jika Anda ingin membangun sebuah galeri untuk memamerkan karya-karya seni, Anda harus memperhatikan pemakaian lantai marmer untuk galeri yang unik, supaya cocok dengan bangunan galeri yang Anda impikan.

Salah satu desain interior galeri ini adalah pemakaian lantai galeri dengan menggunakan material seperti lantai marmer. Bukan saja mempercantik, lantai marmer ini akan membuat orang-orang yang melihatnya mengagumi keindahan dari material batu pualam yang unik tersebut.

Sehingga, lantai marmer ini sangat cocok untuk bangunan semacam galeri yang penuh dengan karya seni. Karena marmer sendiri juga adalah sebuah seni tersendiri dengan motif urat-uratnya dari warna-warna yang menonjol.

Menurut Kamus Bahasa Indonesia (KBBI), Galeri adalah ruangan atau gedung yang digunakan sebagai tempat memamerkan benda, karya seni, dan lain sebagainya.  Galeri atau museum seni adalah sebuah bangunan atau ruang kosong yang ditujukan untuk pameran karya seni yang pada umumnya merupakan karya seni rupa. Galeri atau museum seni ini dapat berupa publik atau privat, tergantung kepemilikan benda koleksinya.

 

Ruang Galeri yang Besar Perlu Fasilitas Apa Saja?

Foto Lantai marmer untuk galeri

Galeri merupakan ruang tempat berbagai seni ditampilkan kepada publik. Seperti seni patung, foto, lukisan, seni tenun tangan, seni instalasi hingga seni terapan.

Karya-karya yang dipamerkan oleh para seniman dalam satu ruangan baik indoor maupun outdoor agar para pecinta seni dapat mengagumi dan mengevaluasi keterampilan, bakat, serta pemikiran inovatif yang tercetus dalam otak dengan menambahkan bermacam emosi yang dirasakan oleh sang seniman.

Melalui galeri, masyarakat dapat mengetahui karya-karya seperti apa yang sedang berkembang. Masyarakat bisa menilai ide-ide luar biasa dari sang seniman yang nantinya akan mendapatkan apresiasi melalui karya-karya mereka.

Proses pembuatan sebuah galeri adalah sebuah tantangan tersendiri bagi para arsitek. Bagaimana mereka dapat menciptakan ruangan yang sepatutnya menjadi sebuah ruangan di mana karya-karya yang ditampilkan akan menjadi primadona  sehingga menarik antusiasme para penikmat seni untuk mengikuti alur dan menjelajahi seluruh ruang galeri.

Desain interior yang baik dan eye-catchy dalam perancangan bertujuan untuk memaksimalkan fasilitas yang ada dalam galeri. Demi terwujudnya ruangan yang dapat menampung segala kebutuhan para senimannya.

Lalu, apa saja fasilitas dan unsur-unsur yang harus diperhatikan dalam sebuah galeri? Yuk, simak penuturannya di sini.

  • Tata Ruang

Galeri seni membutuhkan desain penataan ruang yang fleksibel sehingga dapat dengan mudah diubah tata ruangnya sesuai dengan kebutuhan dan fungsi pameran atau pertunjukkan yang akan diselenggarakan di sana.

Sistem tata ruang yang linear dan terbuka membuat pengunjung dapat bergerak dengan lancar dan dapat melakukan aktivitas di dalam ruangan dengan nyaman.

  • Sirkulasi Rute Ruangan

Penataan sirkulasi pergerakan pengunjung pada sebuah galeri seni merupakan hal perlu menjadi sorotan. Karena perancangan jalur sirkulasi ini harus dapat memberikan orientasi yang jelas kepada para penikmat karya ketika mereka berada di dalam ruangan itu.

  • Pencahayaan

Pengaturan cahaya sangat membantu membangun emosi dan feel para pengunjung dalam menikmati karya seni yang dipamerkan. Untuk itu, pencahayaan harus membuat objek seni dapat dilihat dengan jelas. Pencahayaan ini juga menjadi pendukung antara tata ruang dan sirkulasi rute.

  • Toilet

Selain ketiga hal di atas, fasilitas yang harus dilirik kemudian adalah keberadaan toilet. Bagaimana desain interiornya menjadi salah satu penunjang dari bagian galeri dengan sentuhan seni yang akan membuat pengunjung terkesan.

  • Bangku atau Sofa

Bagi beberapa pengunjung, keberadaan tempat duduk di antara luasnya galeri adalah suatu hal yang cukup penting. Karena bisa jadi penikmat seni itu orang yang sudah berumur dan tidak lagi mampu untuk berdiri lama, jadi keberadaan bangku di tempat-tempat tertentu dapat membantu mereka saat menikmati keindahan seni.

Perlunya Memperhatikan Lantai Galeri

 

Lantai galeri termasuk ke dalam poin penting dalam desain interior galeri. Salah satu poin penting dalam pembangunan galeri adalah lantai yang bisa membuat galeri tersebut terlihat artistik, elegan dan mewah.

 

Lantai Marmer Untuk Galeri Menawan

Lantai marmer untuk galeri

Keunggulan utama pemakaian lantai marmer untuk lantai galeri adalah motif dan warna lantai marmer yang bervariasi, unik dan bersifat timeless. Selain itu durasi pakai yang terbilang cukup lama.Dari segi kekuatan, material lantai marmer tidak perlu diragukan lagi. Hal ini bisa dilihat dari banyak bangunan bersejarah yang memakai material marmer. Usianya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan tahun dengan keindahan yang masih bisa dinikmati sampai kapanpun. Asalkan mendapatkan perawatan yang dilakukan secara rutin, lantai marmer akan tetap memesona dan tahan lama.

 

Manfaat Marmer untuk Galeri

 

Setelah mengetahui beberapa keunggulan yang telah disebutkan di atas, berikut ini adalah penjelasan 7 manfaat penggunaan marmer untuk galeri.

 

  • Dapat menyejukkan suhu ruangan
  • Dengan pilihan corak dan warna yang variatif memberikan kesan yang artistik pada galeri Anda.
  • Tahan lama (kuat) dan tahan luntur karena batu alam yang satu ini memang sangat sulit dihancurkan dan padat. Ditambah dengan perawatan yang tepat, tampilan lantai marmer pada lantai galeri Anda akan selalu cantik.
  • Memberikan efek visual yang mewah
  • Mempunyai nilai investasi yang cukup tinggi karena corak dalam material ini terbentuk dari proses alamiah sehingga corak-corak yang ditimbulkan tersebut terbilang langka.
  • Dapat digunakan untuk semua ruangan. Lantai marmer ini bukan hanya bisa digunakan dalam ruangan saja, tapi bisa juga digunakan untuk desain eksterior di luar ruangan, seperti teras.
  • Penggunaan dalam gaya interior, seperti dibuat vas, meja, kursi atau berbagai jenis furniture lainnya.

 

Temukan inspirasi desain melalui artikel tentang Cara memasang marmer agar lebih mewah dan berbeda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment