Jenis Lantai Rumah Dengan Tampilan Yang Keren

Jenis Lantai Rumah Dengan Tampilan Yang Keren

Sudah menjadi hal umum yang dimiliki oleh siapa saja yaitu, menginginkan rumah yang indah. Selain dekorasi ada lagi elemen rumah yang akan membuat keindahan rumah lebih terasa. Elemen tersebut adalah lantai yang menjadi pelengkap untuk setiap ruangan. Banyak jenis lantai rumah yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan konsep yang digunakan.

Dengan menggunakan jenis lantai rumah yang tepat akan membuat tampilan rumah menjadi indah dan keren. Jadi, Anda harus bisa memilih lantai dengan tekstur, material, dan motif tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Karena setiap ruangan rumah memiliki fungsi sehingga, bukan hanya desain interior yang harus diperhatikan. Melainkan lantai rumah perlu memiliki tampilan keren agar suasana ruangan rumah dapat lebih terasa.

Bagi Anda yang sedang mencari referensi untuk lantai rumah tak perlu bingung. Karena Anda sekarang berada pada artikel yang tepat yang akan membahasnya. Berikut ini jenis lantai rumah dengan tampilan yang keren dan menjadi rekomendasi diantaranya:

1. Lantai Marmer

lantai marmer
Tampilan lantai marmer, sumber: 99.co

Marble atau yang lebih dikenal dengan sebutan marmer merupakan batuan alam yang terbentuk secara alami. Jenis lantai rumah yang banyak digunakan untuk hunian. Bukan hanya keren marmer juga akan membuat tampilan rumah terlihat lebih mewah. Jadi, akan sangat cocok bagi Anda yang mengingkan konsep rumah mewah.

Marmer bukan hanya bisa digunakan pada lantai, melainkan dapat diaplikasikan juga pada dinding rumah. Dengan bagitu Anda bisa memberikan kesan mewah pada rumah dengan lebih maksimal. Untuk mendapatkan hasil yang lebih memukau dan rapi Anda bisa menggunakan Jasa poles marmer.

Selain melakukan pemolesan marmer agar terlihat lebih mengkilap, menyediakan juga jasa pemasangan marmer. Perlu Anda ketahui bahwa pemasangan marmer berbeda dengan pemasangan lantai pada umumnya. Sehingga memerlukan keahlihan khsuus dalam pemasangan marmer, agar terpasang dengan kuat dan rapi.

2. Lantai Granit

lantai granit
Tampilan granit, sumber: pabrikgranit.com

Batuan alam yang terkenal setelah marmer adalah granit jenis lantai rumah batuan alam yang juga terbentuk secara alami. Tampilannya yang lebih simple cocok digunakan pada rumah yang ingin menghadirkan unsur mewah tapi, tetap sederhana. Dengan kata lain tidak terlalu berlebihan dalam mendokarasi tampilan rumah. Sehingga dapat menghadirkan unsur lainnya di setiap ruangan rumah.

Mudah dalam melakukan perawatan hal ini dikarenakan material batu granit mempunyai daya serap yang kecil. Hal ini membuat granit tidak mudah dalam menyarap cairan dan kotoran lainnya yang menempel pada permukaannya. Satu lagi keunggulannya adalah mampu dalam menahan beban hingga 500 kg/meter2.

3. Lantai Batu

lantai batu
Tampilan lantai batu, sumber: idea.grid.id

Jenis lantai rumah yang banyak diaplikasikan pada area outdoor seperti taman, teras, dan lainnya. Kesan alami dan menyatu dengan lingkungan sekitar menjadikan lantai batu cocok digunakan pada area outdoor rumah. Permukannya yang kasar cocok juga bila ingin digunakan pada kamar mandi dengan nuansa alam.

Batu yang digunakan adalah jenis batuan kali yang memiliki tekstur material yang kuat. Sehingga kesan alam ketika menggunakan lantai jenis ini akan lebih terasa dan memberikan warna baru pada tampilan rumah. Menjadi penting dalam pemasangannya yang harus dilakukan dengan benar agar tampilannya lebih rapi.

4. Lantai Tegel

lantai tegel
Tampilan lantai tegel dengan ragam motif, sumber: dekoruma.com

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis lantai rumah yang satu ini. Tegel atau biasa lebih dikenal dengan sebutan tehel merupakan jenis lantai yang sudah digunakan dari zaman dahulu. Hal ini bisa terlihat pada tampilan rumah saat ini yang sudah ada dari sejak zaman dahulu menggunakan tehel sebagai lantainya.

Jika Anda menginginkan tampilan rumah yang klasik penggunaan tegel bisa menjadi pilihannya. Tersusun dari campuran material semen, pasir, dan aci yang digunakan pada bagian permukaan agar halus. Memiliki bentuk persegi layaknya bentuk lantai pada umumnya dengan ukuran ketebalan mencapai 2,5 cm.

5. Lantai Teraso

lantai teraso
Tampilan lantai teraso, sumber: dekoruma.com

Teraso adalah jenis lantai rumah yang sama dengan tegel dimana, tersusun dari material semen dan pasir. Hanya saja bagian permukaannya tidak menggunakan aci melainkan pecahan batu bermotif (Terazo Stone). Dari sinilah nama lantai teraso diambil dan banyak digunakan pada tampilan lantai rumah klasik dengan sentuhan motif.

Bukan hanya dapat digunakan pada lantai rumah, melainkan dapat diaplikasikan pada dinding. Dengan permukaan yang sedkit lebih kasar bisa juga digunakan pada lantai kamar mandi. Jenis lantai teraso seperti marmer buatan hanya saja tidak memiliki motif urat pada permukaannya yang mernjadi ciri khas mamer. Tersedia dua jenis teraso yaitu, dengan permukaan mengkilap dan permukaan yang kasar.

6. Lantai Keramik

lantai keramik
Tampilan lantai kermaik, sumber: meiganflooring.com

Jenis lantai rumah yang sudah tidak asing dan banyak digunakan pada setiap rumah. Menjadi lantai rumah yang banyak digunakan dan disukai karena tersedia banyak pilhan warna, pola, tekstur, dan bentuk. Ditambah dengan harganya yang terjangkau tentu menjadi nilai tambah dari keramik. Sehingga tak heran menjadi lantai yang hampir digunakan pada sebagian besar rumah yang ada di Indonesia.

Bahan dasar dari keramik terbuat dari tanah liat dan dilapisi dengan glasur setelah memalui proses pembakarang dengan suhu tinggi. Lapisan glasur yang akan membentuk tekstur, warna, dan pola atau motif dari keramilk. Terbuat dari tanah liat membuat kermaik memberikan kesejukan pada rumah dikarenakan jenis lantai ini tidak meneruskan panas.

7. Lantai Travertine

lantai travertine
Tampilan lantai travertine, sumber: archify.com

Kesan estetik yang ditampilakan jika menggunakan jenis lantai rumah travertine. Cocok bagi Anda yang memiliki konsep rumah dengan desain rustic, sehingga akan memberikan tampilan maksimal. Warna alami yang dihasilkan dengan tekstur pecah-pecah menjadi sumber dari estetikanya. Banyak diaplikasikan pada ruang tamu karena akan memberikan kenyamanan dan akan membuat semakin betah.

Ada hal yang perlu diperhatikan jika menggunakan travertine sebagai lantai rumah. Dimana Anda harus rajin membersihkannya agar tampilan estetikanya tetap terlihat dengan maksimal. Hal ini disebabkan karena lantai travertine berpori sehingga, mudah menyerap jika terkena kotoran.

8. Lantai PVC

lantai pvc
Tampilan lantai PVC, sumber: floor.com

Jenis lantai rumah yang lebih dikenal dengan nama vinyl ketimbang nama aslinya PVC. Tersedia banyak warna dan corak yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan konsep rumah yang digunakan. Tersusun dari beberapa material seperti stone salt , kapur, dan batu gamping. Memiliki struktur yang cukup kuat dan tahan air membuat perawatan lantai PVC mudah untuk dilakukan.

Kelebihan lainnya dari lantai PVC adalah mampu meredam geteran sehingga, ketika menginjak lantai ini tidak menimbulkan bunyi. Untuk harganya relatif lebih murah bila dibandingkan dengan jenis lantai lainnya. untuk pegaplikasian lantai PVC bisa digunakan pada kamar tidur utama atau anak.

9. Lantai Laminate

lantai laminate
Tampilan lantai laminate, sumber: jhomeimpro.com

Jenis lantai rumah yang terbuat dari bahan serbuk kayu yang diproses dengan temperatur dan tekanan tertentu. Banyak digunakan pada rumah di area perkotaan dengan konsep industrial. Tampilannya seperti kayu asli akan memberikan kesan klasik yang membuat suasana rumah menjadi nyaman. Jenis lantai ini diciptakan melihat penggunaan kayu solid yang semakin banyak dan membuat harganya juga ikut meningkat.

10. Lantai Kayu

lantai kayu
Tampilan lantai kayu, sumber: lantaiparket.com

Terakhr ada jenis lantai rumah yang terbuat dari 100 persen kayu solid. Biasa jug disebut dengan lantai parket ini merupakan istilah keren yang digunakan. Jenis lantai ini banyak digunakan pada rumah dengan konsep desain industrial, tradisional, dan klasik. Dimana penggunaan lantai kayu akan membuat tampilan rumah lebih mewah tapi, tetap terlihat sederhana.

Dengan kata lain kesan mewah yang dihadirkan tidak terlalu dominan. Sehingga tampilan rumah akan balance sehingga, unsur lainnya juga ikut andil dalam memberikan tampilan indah. Untuk perawatannya tentu harus dilakuakan secara berkala agar tidak cepat rapuh atau mudah diserang rayap.

Itulah jenis lantai rumah dengan tampilan keren yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam memilih jenis lantai rumah yang sesuai. Sehingga tampilan rumah Anda semakin keren yang akan memnciptakan suasana kenyamanan.

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan Kolom ini wajib diisi